GMKE Divisi 3 TBS Mentah 110 Janjang

Berdosakah Panen Buah Mentah???

Kegiatan : Diskusi tematik panen buah mentah
Waktu : 29 Agustus 2020
Tempat : Ruang Meeting Estate BAGE

Peserta                 :

  1. Budi Siregar (AC area 1)
  2. Turmudi (EM BAGE)
  3. Rizal (Kasie BAGE)
  4. Joko Susilo (Pjs. Asisten BAGE 01)
  5. Sugiarto (Asisten BAGE 02)
  6. Julianto (Pjs. Asisten BAGE 03)
  7. Anggi Gunawan (Asisten BAGE 04)
  8. David Randa K (Asisten BDME 01)
  9. Miftahul Rahmat Nst (Asisten GMKE 03)
  10. Eko W (Asisten BDME 02)

Dasar dilakukannya diskusi ini adalah beberapa hari sebelumny 4 divisi secara massive mengirimkan TBS mentah ke pabrik GMKM (Divisi 3 GMKE, Divisi 1 BDME, Divisi 2 BDME dan Divisi 4 BAGE). Berikut dokumentasinya :

BDME Divisi 1 TBS Mentah 26 Janjang
BDME Divisi 1 TBS Mentah 26 Janjang
BAGE Divisi 4 TBS Mentah 24 Janjang
BAGE Divisi 4 TBS Mentah 24 Janjang
BDME Divisi 2 Mentah 44 Janjang
BDME Divisi 2 Mentah 44 Janjang

 

 

 

 

 

BGA Group merupakan perusahaan kelapa sawit penghasil CPO dan KPO. Sehingga produk utama yang dijual berupa  CPO/KPO sebagai roda penggerak pemasukan/keuntungan perusahaan. Besarnya produksi CPO salah satunya ditentukan oleh bahan baku olah berupa TBS kelapa sawit yang memiliki kwalitas dan tingkat kematangan di pokok baik. Dan salah satu penyebab produksi CPO turun adalah bahan baku atau buah yang dipanen masih mentah. Sehingga TBS kelapa sawit yang dipanen menghasilkan kandungan minyak yang sedikit atau bahkan tidak memiliki kadungan minyak sama sekali. Adapun beberapa kerugian panen buah kelapa sawit mentah adalah sebagai berikut:

  1. Merusak mental pemanen

Jika panen buah mentah dilakukan maka akan merusak mental dari tenaga panen yaitu tidak pahamnya pemanen dalam mengikuti aturan panen yang sesuai dengan aturan.

  1. Merusak pokok tanaman

Panen buah mentah merupakan kegiatan panen buah yang belum saatnya untuk dipanen. Sehingga jika hal tersebut terjadi maka pokok akan mengalami stres yang berakibat pada banyak munculnya bunga jantan, sehinga produksi janjang berikutnya akan mengalami penurunan.

  1. BJR (berat janjang rata-rata) rendah

Berat janjang rata-rata akan mengalami penurunan. Hal tersebut terjadi karena buah belum saatnya panen dan proses pembentukan dan pembesaran buah masih terjadi. Sehingga hal tersebut berakibat pada tonase produksi kebun yang mengalami penurunan di karenakan BJR turun.

  1. Kandungan minyak sangat rendah

Buah yang di panen dalam keadaan mentah memiliki kandungan minyak yang sedikit atau bahkan tidak memiliki kandungan minyak sama sekali. Hal ini sangatlah merugikan perusahaan, karena perusahaan mendapatkan pemasukan penghasilan dari hasil minyak yang dihasilkan. Perusahaan sudah mengeluarkan biaya perawatan yang tinggi demi mendapatkan buah yang nantinya memiliki kwalitas dan kandungan minyak yang tinggi. Namun jika dipanen dalam keadaan mentah maka perusahaan akan rugi berlipat lipat, baik telah berkorban mengeluarkan biaya perawatan, biaya panen, biaya angkut dan biaya olah. Namun setelah dipanen tidak menghasilkan minyak sama sekali.

  1. Mempercepat kerusakan mesin di PKS
Diskusi Tematik Buah mentah
Diskusi Tematik Buah mentah

Buah mentah kerap kali mempercepat keausan atau bahkan kerusakan pada mesin mesin di pabrik pengolahan kelapa sawit. Hal ini terjadi karena fisik dari buah mentah tidak normal seperti buah pada umumnya. Ketika mesin PKS cepat mengalami kerusakan maka kerugian bertambah karena biaya perawatan dan perbaikan PKS yang tinggi.

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa panen buah mentah sangatlah merugikan bagi perusahaan. Sehingga sangat berdosa bagi kita jika melakukan kegiatan panen buah mentah karena termasuk kegiatan sabotase ke perusahaan. Adapun cara antisipasi agar tidak terjadi panen buah mentah antara lain:

  1. Melakukan simulasi dan edukasi ke seluruh karyawan panen dan supervisi untuk panen MRS-5 dan tidak ada panen mentah.
  2. Melakukan pengecekan dan pengawalan hasil panen serta lakukan sanksi dan denda bagi karyawan yang masih melanggar dan memanen buah mentah.
  3. Melakukan perbaikan mitigasi pencurian di blok, baik perbaikan portal, pembuatan parit, serta pengaturan sistem patroli yang baik. Sehingga tidak ada lagi alasan panen buah mentah karena takut buah didahului panen oleh pencuri.

Demikian disampaikan, mohon diskusinya. Terimakasih.

Langganan postingan terbaru, GRATIS !

You May Also Like

19 Comments

  1. Hosting Unlimited Indonesia
  2. Tks pak sugi, , ini bisa buat ilmu untuk saya pribadi dan tim divisi saya..dan bisa dapat merefresh kembali apa sebenarnya dari kerugian panen buah mentah dan cengkir..

  3. Makasih pak Sugi, sudah berbagi cara-cara antisipasi agar tidak panen buah mentah, akan kami coba terapkan juga di unit divisi.
    Tetap semangattttt….untukencapai ripnes 85%

      1. Masih kurang pengalaman pak….
        Yang pasti terapkan 3S (Simulasi,Supervisi dan Sanksi)
        1. Simulasikan ke karyawan panen tentang buah layak panen dan penerapan MRS.
        Menyampaikan kerugian yg di akibatkan apabila menurunkan buah mentah.
        2. Setelah melakukan simulasi harus di perkuat dengan Supervisi untuk mengawal kualitas di lapangan.
        3. Apabila masih terulang, makan akan di berikan Sanksi.
        Demikian pak.

  4. All Team Area 1
    (Estate Manager, Askep, Asisten, Kasie, team administrasi dan team operasional lapangan)

    Mari berbagi ilmu, pengetahuan dan pengalaman melalui tulisan dan komentar di web kita ini.

    Ayooo…..

  5. Panen Buah mentah itu suatu perbuatan dosa karena tidak ada Manfaatnya yang dapat di hasilkan,justru malah merugikan,untuk kita,untuk perusahaan dan untuk petani plasma,bagi kami Estate BAGE semua adalah kebun plasma,ketika panen buah mentah kita melakukan Perbuatan dosa,saya ilustrasikan.
    Kebun bage dengan peserta plasm kuranh lebih 1300 peserta plasma,dan rata rata sudah bekeluarga Punya istri 1. Dengan jumlah 1300 orang,dan punya anak 2 anak setiap keluarga dengan jumlah 2600 orang
    Kita sudah melakukan perbuatan dosa kepada 5200 orang..
    Seharusnya Kalau kita kerja di kebun plasan adalah kerja mulia,karena kita bisa berbuat kebaikan dengan 5200 orang juga,pasti ada imbal baliknya dari mereka yaitu adalah Doa yang baik kepada kita semua dan perusahaan…
    Ayo kawan semuanya, mulai hari ini kita
    stop…stop…stop…panen buah mentah..
    Lebih baik Tepuk dada tahan selera..

    1. Siap pak EM. Saya berdosa besar pak atas kejadian hal tersebut.
      Postingan ini membuat saya sadar akan dampak perbuatan saya sebelumnya, membuat saya lebih mengerti agar tidak ada yang merasa dirugikan. Saya akan berbenah pak, terimakasih pak Sugi postingannya

  6. Terima kasih atas edukasinya pak🙏 Dengan adanya artikel ini maka para pekerja pasti akan saling mengoreksi diri masing masing . Dan membuahkan dampak positif untuk kedepannya 🙂

  7. saya kagum melihat bagimana seorang pemimpin bukan berfokus pada siapa yang salah dan mencari kambing hitam namun lebih kepada bagaimana ini bisa terjadi( berulang) dan berfokus kepada solusi Masalahnya. Bisa dilihat bagimana TEMATIK dibuat sebagai wadah diskusi untuk mengetahui lebih detail tentunya dari masalah. secara organisasi bisa saja pemimpin kita melakukan tindakan panisment secara sepihak terhadap Masalah ini. Namun beliau lebih bijaksana untuk mendengar keluh kesah dan berbagi ilmu, sudut pandang dan bisa jadi beliau rendah hati untuk mendengarkan ilmu baru atau pengalaman yang dibagikan oleh peserta Tematik yang lain.
    #ThePlantersisreal
    #Articelisgood
    #KamiMauKamiJugaBisa

    1. Keren Pak Indra… Manusia bijak itu, jika melakukan kesalahan tidak mengulanginya lagi. Kesalahan yang berulang… manusia ini seperti apa ya?…
      Bukan kah kita terlahir ke dunia ini merupakan mahkluk yang paling sempurna, dari sekian banyak makhluk ciptaan Allah SWT. Kita diberikan akal, pikiran, jasmani dan rohani, seharusnya kita bisa membedakan masa yang salah dan mana yang benar. Jika itu salah, pastinya jangan dilakukan… iya gak?…

      Ayo berbagi kebaikan ya pak…

  8. Memanen buah mentah itu adalah suatu tindakan sabotase, sabotase sendiri artinya tindakan perusakan yang dilakukan secara terencana, disengaja dan tersembunyi terhadap peralatan, personel dan aktivitas dari bidang sasaran yang ingin dihancurkan yang berada di tengah-tengah masyarakat, kehancuran harus menimbulkan efek psikologis yang besar (Wikipedia,2020). Impact lebih parah dari memanen buah mentah adalah kerusakan psikologis pemanen dan untuk mengembalikan itu butuh waktu yang lama dan usaha ekstra.

    Karena produk utama kita adalah CPO maka Oil Extract menjadi suatu hal yang sangat menentukan dan bepengaruh langsung terhadap revenue (penerimaan) perusahaan. Jika saya mengandaikan memanen buah mentah itu sama saja “memperkosa pohon sawit dan anaknya lahir prematur“. Saya belajar dari pohon nangka: jika pohon nangka sering sekali diambil buahnya untuk dibuat gori/tewel, maka lama kelamaan buah akan busuk sebelum matang. Itu yang terlihat bagi saya, apakah itu bentuk perlawanan dari pohon tersebut?? bisa saja. Oleh karena itu saya tarik persamaan ke pohon sawit, bisa saja hal yang sama terjadi dengan pohon sawit. Perlawanannya seperti apa?? munculnya bunga jantan, kenapa?? karena biasanya kalau panen mentah maka akan disertai over prunning. Kemudian dampaknya over prunning adalah munculnya bunga jantan dan turunnya BJR (ukuran buah mengecil).

    Demikian menurut saya, so?? Stop Buah Mentah!!!! Biarkan proses klimakteris terjadi alamiah di dalam buah sawit caranya dengan menunggu buah sampai membrondol, jika sudah brondol tandanya pembentukan minyak sudah selesai. Tahan selera untuk menunggu TBS sampai matang…

    yok, mari berubah !!!!!!!

    1. Semakin jelas dan semakin detail ya, SANGAT BERBAHAYANYA PANEN MENTAH. Dari sudut manapun tidak ada untungnya (benefit), malah merugikan perusahaan, merusak mental pemanen dan memperkosa pokok sawit. Mentality pemanen yang sudah dibangun, bisa rusak seketika akibat PANEN MENTAH ini.
      All team, semuanya kita harus berbenah untuk tidak melakukan hal ini lagi. Tindak tegas yang melakukan KEJAHATAN ini.

  9. The Most Popular Traffic Exchange

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hosting Unlimited Indonesia
shares