Donat

Filosofi “Kue Donat”

Sebelum kita masuk lebih dalam mengenai pengertian Filosofi Donat Bulat, kita harus memahami pengertian “Filosofi” dan “Donat” secara detail agar tidak salah pengertian nantinya.

Donat Tepung Putih Atasannya
Donat Tepung Putih Atasannya

Apabila didefinisikan filosofi adalah kerangka berpikir kritis untuk mencari solusi atas segala permasalahan. Solusi yang ditemukan untuk mengatasi suatu persoalan melalui berpikir secara kritis merupakan buah dari pemikiran filosofis. Apabila solusi suatu persoalan tidak dipikirkan secara matang dan kritis, maka itu bukan merupakan buah pemikiran filosofis melainkan cuma asal bunyi saja. Melalui pengertian di atas tampaknya filsafat mencakup hal yang sangat umum, ya memang betul. Filsafat membahas tentang nilai, baik-buruk, estetika, pengetahuan, dan subjek umum lainnya. Asalkan suatu subjek dapat ditelaah secara kritis, maka subjek tersebut menjadi materi berfilsafat.

Filsafat tidak membuat roti artinya filsafat tidak membahas hal teknis seperti bagaiman cara membuat jembatan yang kokoh untuk dilalui 500 mobil. Namun, filsafat membahas latar belakangnya apakah pembangunan jembatan ini akan berpengaruh positif pada kehidupan manusia? Adakah makhluk hidup yang akan dirugikan atas adanya pembangunan jembatan dan jika iya bagaimana seharusnya keputusan harus dibuat?
Melalui ilustrasi di atas kelihatan sekali bahwa berfilosofi bisa dilakukan oleh siapa pun. Sangat betul, tetapi tidak semua orang sadar bahwa mereka bisa berfilosofi untuk mencapai kehidupan yang lebih baik.

Donat ( donut dalam bahasa inggris ) adalah sejenis cake mini dengan bentuk khas, yaitu berlubang di tengah seperti cincin, dan berbentuk bulat jika diisi sesuatu, biasa nya diisi oleh mesis, atau hal-hal yang berbau manis, dengan bahan utama pembuatan donat adalah ” Tepung Terigu “. Donat bisa dibentuk dengan menyatukan kedua sisi adonan berbentuk persegi panjang hingga membentuk cincin atau menggunakan pemotong otomatis yang sekaligus membuat lubang di tengah adonan donat. Lubang pada donat berbentuk cincin dulunya dimaksudkan agar donat cepat matang sewaktu digoreng. Adonan donat yang tersisa sewaktu membuat donat berbentuk cincin sering dijual sebagai doughnut hole atau dicampurkan lagi ke dalam adonan untuk membuat donat baru.

Jadi setelah penjelasan diatas, kita dapat masuk kedalam inti pemabahasan nya yaitu “Filosopi Kue Donat”. Hidup tanpa sensasi tidak mungkin mempesona, begitupun hidup tanpa ujian tidak akan bernilai. Yang sederhana inilah jarang kita pikirkan. Meski kecil tapi sederhana yang jarang dipikirkan yang juga memiliki kesempurnaan estetika di baliknya. Itulah hidup ala Donat. Ketika saya mulai memikirkannya, entah apa dan kenapa pikiran saya langsung tertuju pada kue Donat. Kita dapat banyak belajar hidup dan kehidupan di dalamnya pada Donat.

Dia berbentuk bulat dengan lubang di tengahnya, rasanya manis dan ada banyak macam toping di atasnya yang disesuaikan dengan selera peminat. Kalau dapat saya katakan, dia mampu mengalihkan duniaku, bahwa aku terpesona dengan pesonanya yang bersensasi beda di luar esensinya meski dengan bentuk yang sederhana.

Dia terbuat dari tepung sebagai bahan dasar yang dicampuri dengan berbagai kehidupan. Kehidupan semu, kesadaran semu adalah campurannya yang dapat merubah berbagai campuran itu menjadi Donat. Donat semu yang akan hilang ditelan oleh mulut-mulut serakah dan kelaparan.

Mari kita bayangkan sejenak, karena imajinasi sangat penting dari pada pengetahuan menurut Albert Einstein. Tepung yang dibentuk bulat adalah kehidupan yang terus berputar tanpa putus layaknya roda. Sejauh mana kita pergi dari tempat asal, ujung-ujungnya pasti kembali ke tempat asal, tidak seperti kehidupan kacang yang lupa pada kulitnya. Kita adalah ciptaan, oleh karenanya kita akan kembali pada sang Pencipta. Tidak hanya itu, bentuk Donat yang bulat bisa saja diartikan bahwa hidup itu bersosial. Kita seperti partikel kecil yang menyatu dalam kehidupan, oleh karena itu, kita harus berhati-hati karena ada lubang yang siap menelan.

Sebenarnya donat ada filosofi lainnya juga lho. Ah, kalau ini sih aku mencoba untuk mengarang bebas. Sambil merenungi dan mengkaji Filosofi Donat, tiba-tiba tercetus lahpemikiran ini.

1. Bentuk
Bentuk donat yang bulat bisa diartikan sebagai  kehidupan yang terus aja berjalan gak ada putusnya. Sejauh apapun kita pergi, pasti ujung-ujungnya balik lagi ke tempat asal. Dari Allah (kelahiran) dan kembali ke Allah (kematian). Adanya lubang di tengahnya, seolah mengingatkan kita untuk selalu berhati-hati dalam bertindak. Agar tidak jatuh ke lubang yang salah.
2. Warna-warni topping
Berarti warna-warni kehidupan dunia. Seperti gula halus yang menjadi favoritku, yang akan membuat aku senang ketika memakannya. Tapi, ada kalanya kita dapat topping coklat yang terlihat manis namun ternyata pahit saat dimakan. Ada juga yang membuat sedih. Apa itu? Saat kita kehabisan donat kesukaan (haha,, abaikan).
3. Harga
Anggap saja kisaran harga donat sekarang Rp 1.000-10.000. Kalau ada donat yang harganya melebihi itu, berarti jelas banget tuh penjual kapitalis banget. Hanya memikirkan keuntungan. Nah, apa hubungannya harga donat dengan filosofi. Jadi, gini singkat aja kalau kita mau donat yang enak dan empuk pasti harganya juga gak murah. Sama kayak hidup kita, kalau mau hidup enak, pasti ada harga yang harus dibayar. Entah pengorbanan waktu ataupun pengerahan seluruh kemampuan yang kita punya. Ada harga ada kualitas.

Donat
Donat
Tapi gak selalu begitu juga, buktinya ada donat yang harganya seribu tapi tetap enak. Nah, disini artinya kita harus bersyukur atas apa yang sudah kita punya. Menjadi pribadi yang rendah hati, tanpa harus iri dengan kehidupan orang lain yang mungkin kita pandang lebih baik dari kita.

Langganan postingan terbaru, GRATIS !

You May Also Like

2 Comments

  1. Hosting Unlimited Indonesia
  2. Ha ha ha… kue donat uenak Mbro…
    Kue donat itu sejenis kue yang berbentu lingkaran, gak tau ujung pangkalnya dan memiliki sudut 360 derajat. Bumi ini juga mengelilingi matahari juga berbentuk lingkaran, dalam sistem orbital dinamakan Galaksi Bimasakti.

    Bumi bergerak pada orbitnya karena adanya gaya sentrifetal dan gaya sentrifugal.
    Lihat yowh… Apa itu gaya sentrifetal?… dan Apa itu gaya sentrifugal?… pelajaran Fisika Geografi SMA dulu guys.

    Itulah hebatnya saat suatu benda berbentuk lingkaran, kalau dalam ilmu bangunan bentuk segitiga sama sisi punya kelebihan yang sangat luar biasa (bangunan menara paris, bangunan gedung pencakar langit, bangunan jembatan, dll).

    Mari kita belajar lagi ya… semuanya itu saling terkait atau saling berhubungan.

  3. Yoiii Gaess, secara world yaa mungkin seluruh dunia ini mengetahui kenikmatan Kue Donat dongssss….he he he he
    Nilai fisika nya dulu jelek, sering bolos soalnya ha ha ha ha tapi yaaa gak buruk buruk amat dech…
    Okey Gaess,, lebih banyak berbagi dan belajar lagi lah… Terus membaca dan berbagi ilmu jangan berhenti sampai disini saja gaes… Kueraaaaaaaa tet tedetet…..

  4. The Most Popular Traffic Exchange

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hosting Unlimited Indonesia
shares