Job Desk Kasir - Sudah Usang dan Tidak DiUpdate

Job Desk: Minimnya Edukasi dan Ketidaktahuan serta Keinginan Belajar – Berdampak ke Disiplin Kerja dan Upah

Berangkat dari kendala/masalah yang saya alami bekerja sebagai Kasir di SMRE vs surprise check Area Controller 1 di depan Pak Kasie (Jati Sutrisno) dan team Administrasi SMRE tanggal 17 September 2020, maka saya anggap penting untuk berbagi kepada teman-teman semua – tidak terulang kendala/masalah yang saya hadapi.

Pentingnya Edukasi
Edukasi penting dilakukan, untuk seuatu yang tidak kita ketahui menjadi tau. Saya harus akui, masih buta mengenai pekerjaan yang diamanahkan ke saya, karena notabene saya masih baru: ketakutan dan keengganan bertanya menjadi faktor pembatas saya, sehingga yang saya alami – kerjakan keseharian, itulah kerjaannya saya. Nyatanya dari 5 pekerjaan harian yang harus saya lakukan, hanya 2 saja yang saya kerjakan (sesuai arahan yang diberikan Pak Kasie).
Idealnya proaktif dari saya untuk bertanya di saat memulai kerja dan keseharian, merupakan kewajiban – tidak harus menunggu. Saya mohon maaf: menyarankan jika ada karyawan baru – disampaikan saja di awal tugas dan tanggung jawab (job desk). Pembelajaran harus diberikan (Pak Kasie/Pak EM/Pak Asisten/team administrasi lain yang sudah berpengalaman) untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan karyawan-karyawan baru.

Logikanya pemahaman dan pengetahuan sudah meningkat, liner saja dengan disiplin kerja yang cenderung membaik. Saran pak: edukasi WAJIB dilakukan.

Job Desk Kasir - Sudah Usang dan Tidak DiUpdate
Job Desk Kasir – Sudah Usang dan Tidak DiUpdate
Perbaikan Job Desk Kasir SMRE
Perbaikan Job Desk Kasir SMRE

Disiplin Kerja
Disiplin itu “sesuatu yang tidak disenangi, tetapi harus dilakukan“. Produktifitas kerja sangat dipengaruhi oleh disiplin kerja. Displin waktu, disiplin saat melakukan proses dan disiplin saat pertanggung jawaban (evaluasi) kerja. Notabene saya karyawan baru, displin waktu bekerja, harus disampaikan dan ditegaskan ke saya di awal atau aturan-aturan yang saya harus ikuti/jalankan.
Melanggar disiplin kerja (indispliner) “wajib ditindak tegas”, saya sebagai karyawan menyadari hal itu. Berlaku adil, juga merupakan keharusan.
Pilih kasih, sering sekali terjadi – membuat karyawan-karyawan lain “cemburu”.

Job Desk
Apa itu Job Desk?… Job Desk itu merupakan pekerjaan-pekerjaan utama yang harus dilakukan sebagai seorang karyawan, sesuai dengan pengelompokan organisasinya (kasir, admin taman, admin HPT, dll). Job desk: ada harian, ada mingguan dan ada bulanan (contoh : kasir, seperti di tulisan ini).
Saya sebagai karyawan baru, harusnya di awal sudah diberitahu – agar saya paling tidak mengetahui tugas dan tanggung jawab saya.
Saran saya : Job desk ini WAJIB dideklarasikan (tanda tangan ybs, tanda tangan Kasie dan tanda tangan EM).

Farida - ida
Farida – ida
Saran berkomitmen untuk selalu belajar, ingin selalu lebih baik dan meningkatkan produktifitas kerja dari setiap waktu yang saya lalui.

Makasih buat Pak EM SMRE
Makasih buat Pak Kasie SMRE
Makasih buat semua Asisten SMRE
Makasih buat team Administrasi SMRE

Mohon ajari dan bimbing saya…
SMRE HEBAT dan SMART

Farida alias ida
Follow me

Langganan postingan terbaru, GRATIS !

You May Also Like

5 Comments

  1. Tahun 2020 adalah tahun edukasi menetes sampai level terbawa ” kalimat ini sering dikatakan pak AC 1 ( Bpk. Budi Siregar)
    Ya… Ya …. Tahun edukasi…

    Baru dan lama seseorang dikebun bukan di nilai dari dia brp lama kerja mbak. Jangan minder sama umur lama berkerja.
    Kenapa ? Yang lama juga sangkin malas belajar jadi kayak baru tidak naik level. Baru boleh malas jangan. Terus displin. Karena displin proses pemaksaan diri yang berakibat menjadi budaya terus dipaksa menjadi hebit.
    Job Desk kasir:
    1. Jobs harian:
    Dikerjakan secara harian jgn tunggu entar. Karena biasa / kecenderungan orang menyepelein yang gampang dan kecil dengan alasan: sekalian aja diupdate, entar juga juga bisa, tanggung sekalian lah. Itu akan menumpuk jika menumpuk akan menjadi besar akan keteteran sampai lembur baru deh… Ngelu kok kejam kali ya dan kok marah pula. ( Apa orang ini gk tau kerjaan ku banyak) kan yang buat kerja siapa?
    2. Jobs bulan;
    Jika update harian maka bulan terasa ringan karena job ini dikerjakan dalam 1 bulan sekali. Ini kan terasa berat jika update harian tidak update.

    Keren mbak semangat terus, terus belajar karena ada juga orang yang tidak tau sok tau ini penyebab nya gaji kurang sehingga pada saat gajian pura pura amnesia bahkan pura pura mati.
    Update merupakan proses displin yang sulit sekali dilakukan seseorang.
    Buat lah rasa terancam setiap apanyajg dilakukan tidak diupdate.
    Just do it!!!

  2. Kami Kamu, Kami Juga Bisa
    Tanpa Nanti, Tanpa Tapi.
    Just do it.
    Segera bertindak.
    Saya mau sekarang terjadi.
    Sekarang lebih baik, dari pada nanti.
    Kalau kita, siapa lagi.

  3. The Most Popular Traffic Exchange
    Ambil Keputusan Sekarang untuk Perubahan Hidup Anda - Take Action Sekarang dengan Komunitas Dash2 untuk Meraih Income Eksponensial di Bisnis eCommerce

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hosting Unlimited Indonesia