Kegiatan Kunjungan Ke Yayasan Bumitama Reg. Mentaya Area 1 ( 1 )

Kegiatan Kunjungan Tim S2H HO Pusat ke PT.KMB Reg. Mentaya Area 1 Dalam Rangka Program CI MANTHAB

Pada hari minggu tanggal 22 November 2020 PT.KMB Reg. Mentaya Area 1 kedatangan tamu dari Tim S2H HO pusat yang dipimpin oleh Bapak Kamsen Saragi selaku Asst to Dir Par /CA dan selaku ketua harian CMC pusat diampingi oleh Bapak Triyas P selaku Staff Asst to Dir / CA dalam rangka kunjungan kerja pembahasan program MANTHAB yang dilakukan di PT.KMB Regional Mentaya Area 1.

Kunjungan yang pertama oleh Tim S2H HO pada hari senin tanggal 24 November 2020 pada pukul 07.00 Wib adalah mengikuti apel pagi di yayasan bumitama Reg. Mentaya serta memberikan arahan kerja menyangkut protokoler Covid 19 dan mengingatkan bahwa pandemi ini masih belum selesai dan guru – guru yayasan tetap wajib menjalankan protokol Covid 19  yang sudah ada serta menyampaikan / mengingatkan ke anak didiknya untuk tetap menjalankan protokol Covid 19

Kegiatan Kunjungan Ke Yayasan Bumitama Reg. Mentaya Area 1 ( 1 )
Kegiatan Kunjungan Ke Yayasan Bumitama Reg. Mentaya Area 1 ( 1 )
Apel Pagi di Yayasan Bumitama Reg. Mentaya Area 1
Apel Pagi di Yayasan Bumitama Reg. Mentaya Area 1

Kemudian pada pukul 08.30 Wib dilanjutkan dengan mitting tentang budaya kebun, mitigasi pencurian, protokol kesehatan covid 19 serta program CI pondokan MANTHAB yang ada di PT.KMB Reg. Mentaya khususnya Area 1 dengan hasil penyampain beliau ( Pak Kamsen ) adalah :

  1. Perihal protocol covid 19 harus terus digalakkan pada seluruh karyawan BGA maupun keluarga secara konsisten. Kasus covid 19 di Indonesia sangat parah sekali dan belum ada jaminan akhir tahun ini selesai, sehingga kita mulai dan tetap menjalankan protocol covid 19 maupun pola hidup bersih dan sehat dimulai dari diri sendiri, keluarga, mengingatkan karyawan kita serta memperketat tamu dari luar utamanya pengecekan di pos utama.
  2. Program CI MANTHAB, Program MANTHAB memiliki sepuluh ( 10 ) parameter pemeriksaan atau penilaian kemudian di clusterkan menjadi 3 bagian hal pokok atau / Killer Program diantaranya sebagai berikut :

a.  Kelembagaan sosial pondok, dengan adanya kelembagaan sosial pondok yang dibentuk, diharapkan karyawan mendapatkan pelayanan dan kehidupan yang lebih baik. Beberapa point yang perlu dibentuk dalam kelembagaan adalah, apakah sudah ada penujukan ketua RT dan kepala lorong ? apabila belum segera dibentuk kepengurusan RT dengan cara rembug warga emplasmentnya kemudian setelah terbentuknya RT dan sudah terbentuknya struktur organisasi maka mulailah dilakukan kembali kegiatan sosial di lingkungan pondok contoh, kebersihan secara gotong royong, siskamling dll yang bersifat sosial lainnya. Untuk menentukan kegiatan sosial dan hal – hal lainnya harus dibuatkan jadwalnya dan secara rutin diadakan rembug warga minimal 1 minggu sekali, dalam rangka memperbaiki administrasi ketua RT maka harus dibuatkan data kependudukan di perumahan karyawan yaitu KK meliputi kepala keluarga, istri dan anak, apabila dalam satu rumah lajang maka ditentukan dengan penanggung jawab rumah dan sisanya menyesuaikan, tujuan dari pembuatan dan pendataan KK dengan penomoran couple diharapkan bisa menjadi data valid dan informasi umum guna mengurangi / meminimalisir kasus – kasus sepert pencurian, narkoba dan kriminalitas di lingkukan pondok.

Koordinasi CI MANTHAB Oleh Pak. Kamsen S ( 1 )
Koordinasi CI MANTHAB Oleh Pak. Kamsen S ( 1 )
Koordinasi CI MANTHAB oleh Pak. Kamsen S ( 2 )
Koordinasi CI MANTHAB oleh Pak. Kamsen S ( 2 )

b. Kegiatan / dinamika sosial, dengan adanya kegiatan sosial diharapkan dapat mendorong kebetahan, kenyamanan, dan keharmonisan di lingkungan pondok atau kehidupan karyawan, kegiatan sosial yang perlu digalakan adalah, kegiatan olahraga, keagamaan, seni budaya, posyandu, siskamling maupun kegiatan gotong royong bersama, nah setelah itu kegiatan – kegiatan tersebut diatas apabila sudah berjalan dilaporkan ke tim MANTHAB Reg. Mentaya untuk diverikfikasi dan selanjutnya di laporkan ke tim MANTHAB HO pusat sebagai program CI MANTHAB.

c. Inspeksi SMK3, pemahaman karyawan tentang SMK3 masih sangat kurang dikarenakan minimnya sosialisasi, diperlukan penyediaan APAR di setiap couple beserta simulasi bagaimana cara penggunannya ke seluruh karyawan khususnya di pondok emplasment, kemudian dibuat jalur evakuasi atau muster point / tempat berkumpul dilingkungan pondok tujuan apabila terjadi musibah atau bencana menjadi titik kumpul untuk tempat keamanan pertama. dan perlunya pemasangan sign board K3 dilingkungan pondok.

Kunjungan CI MANTHAB di SMNE ( 1 )
Kunjungan CI MANTHAB di SMNE ( 1 )
Kunjungan CI MANTHAB di SMNE ( 2 )
Kunjungan CI MANTHAB di SMNE ( 2 )

Apa tujuan dari program MANTHAB ini ?

  • Agar karyawan dan keluarga pekerja BGA lebih betah untuk bekerja, dapat meningkatkan produktivitas dalam bekerja serta membantu menurunkan Turn Over karyawan
  • Menciptakan suasana nyaman dan rasa percaya terhadap perusahaan
  • Membentuk lingkungan yang lebih bermasyarkat  dan terpadu
Kunjungan CI MANTHAB BAGE Rayon 1
Kunjungan CI MANTHAB BAGE Rayon 1
Kunjungan CI MANTHAB BAGE Rayon 1 ( 1 )
Kunjungan CI MANTHAB BAGE Rayon 1 ( 1 )

Beliau juga ( Pak Kamsen S ) memberikan kunci bagaimana terciptanya hubungan sosial antara satu dengan yang lainnya yaitu “People Handling” yang dimaksud dengan people handling adalah dimana satu orang memegang satu orang atau lebih ( kedekatan emosional ) contoh :

  1. Bagaimana orang – orang perusahaan bisa bersama – sama menjalin hubungan bermasyarakat dengan eksternal yaitu unsur Muspika dan Muspides sekitar kebun ?
  • Pegang salah tokoh masyarakat oleh asisten yang sesuai atau cocok berkomunikasi.
  • Susun strategi dalam bermasyarakat oleh tim operasional serta dicatat ( tidak harus dept Support )
  • Isi semua lini guna mengantisipasi potensi gangguan sosial bermasyarakat
Koordinasi Mitigasi Pencurian di SMRE
Koordinasi Mitigasi Pencurian di SMRE
Kunjungan Ke Divisi 1 Oleh Pak Kamsen S
Kunjungan Ke Divisi 1 Oleh Pak Kamsen S
Kunjungan Ke Divisi 1 Oleh Pak Kamsen S ( 1 )
Kunjungan Ke Divisi 1 Oleh Pak Kamsen S ( 1 )
  • Rencana Program 2021 diberikan pelatihan “Planning Asissten Social Relations” dengan program tersebut diatas diharapkan para asissten – asissten muda dapat menerapkan social dan people handling dilingkungan karyawan maupun masyarakat sekitar.

Program CI MANTHAB Reg. Mentaya yang perlu dievaluasi adalah sbb :

  1. Monitoring update data ( PIC ) dan tidak ada pendampingan.
  2. Menuntut peran pendamping lebh optimal dalam pelaksanaan assesment program CI MANTHAB
  3. Inventarisir kebutuhan karyawan yang berupa infrastruktur fisik bisa di progres ke dept CE dan HCGD ( Smart Emplasment )
  4. Peran pendamping meliputi pembentukan kelembagaan sosial, dinamika sosial dan inspeksi SMK3
  5. Di harapkan setiap regional dapat mewakilkan satu estate unggulnya sesuai dengan rencana dan problem untuk kelanjutan program CI MANTHAB.

Pelaksanaan zoom meeting MANTHAB dilaksanakan setiap dua minggu sekali. Pada zoom meeting tersebut disampaikan progres sebagai berikut :

  1.  Pengisian form assesment progres pondokan dengan diberi tanda centang
  2.  Evaluasi laporan PIC
  3.  Koordinasi antar PIC harus dijalankan dan hasilnya di sampaikan pada saat zoom meeting MANTHAB
  4. Report bulanan CI di susun dalam form yang sudah ada
  5. Dalam melakukan update kegiatan bulanan koordinasi PIC diharapkan bersama AC tiap tanggal 20
  6. Assesment dilakukan tiga bulan sekali tiap tanggal 25
  7. Koordinasi PIC dengan asisten maupun estate manager dilaksanakan setiap bulan.

Editor,

Rendy MM ( Staf CSR Area 1 Reg. Mentaya )

Langganan postingan terbaru, GRATIS !

You May Also Like

4 Comments

    1. Trims pak, just info saja pak dari hasil kunjungan tim MANTHAB yg sudah di lakukan, serta dengan diadakan survey serta uji kelayakan pondokan, maka di putuskan untuk program CI MANTHAB sebagai unggulan yg mewakili regional Mentaya jatuh pada Estate BAGE ( Beringin Agung Estate ) Area 1, dengan hasil penilaian cukup baik congrat to Pak Turmudi dan tim yg bersusah payah dan sudah bekerja keras selama beberapa hari ini, untuk Estate lain..ayo..mari…lakukan..sudah ada contoh dan bukti, kami akan selalu siap mensupport.. mensupport dan mensupport ..Asal Mau Pasti Bisa.. Semangat!!

      1. Ya ya ya…
        Keyakinan, tanpa pamrih, STOP mengeluh dan pantang menyerah. Menyukai dan menjalani proses, karena proses yang baik itu akan diikuti hasil yang baik.
        Sukses itu SUKa ProSES.

        Kita buktikan pak :
        Pada suatu ketika Area 1 akan terbang dengan PESAWAT TERMAHAL dan TERMEWAH.
        – Harapan dan kebahagiaan saya, jika Area 1 menjadi Good Area Governance. Seperti yang saya sampaikan mitigasi terbaik versi saya “Jika saya bangunkan portal atau portal yang ada saya cabuti, parit tidak saya tambah atau yang ada saya tutup, team keamanan saya tidak tambah lagi – masyarakat dan karyawan saya makmur, aset perusahaan terjaga dan tidak di maling”. Semua itu bisa terbentuk, jika sudah SADAR yang bukan hak – tidak dipikirkan apalagi dimiliki.

        Mari pak… kita edukasi diri dan masyarakat kita, untuk selalu menyampaikan “yang bukan HAK, tidak boleh dimiliki”. Untuk mendapatkan uang, harus bekerja dengan baik. Menjadi KAYA berpola dan menjadi miskin juga berpola.

        1. Baik.pak, trims inti dari semua ini adalah tidak ada yg tidak bisa selagi kita mau bekerja keras dan bekerjasama pasti akan membuah kan hasil yg baik dan positif tetap optimis aja dan jalankan saja apa yg menurut kita baik dan jangan merasa puas ugrade diri terus menerus sehingga menghasilkan ide – ide yg kreatif dan cemerlang.. bravoo..

  1. The Most Popular Traffic Exchange
    Peluang Mendulang Profit di Masa Pandemi Covid 19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hosting Unlimited Indonesia