Ilustrasi Gambar Kejujuran 1

“Kejujuran”

Apa yang dimaksud dengan kejujuran?? Kejujuran berasal dari kata jujur yang oleh penulis mengartikan sebagai keterbukaan dari jiwa yang putih bersih yang dinyatakan dalam suatu pernyataan, perkataan dan ungkapan sebagai suatu pengakuan yang sesuai kebenaran dari fakta yang dilihat, diraba dan dirasakan tanpa ada yang tersembunyi sedikitpun kepada orang lain atau pihak lain.

Ilustrasi Gambar Kejujuran 1
Ilustrasi Gambar Kejujuran 1

Ada beberapa perilaku kejujuran manusia sbb :

  1. Perilaku jujur dalam hati dan jiwa manusia ini kembali kepada hati dan jiwa yang putih bersih.Kalau hati dan jiwa sudah dicampuri dengan kepentingan dunia, maka akan merusakan apa yang tersimpan dalam hatinya tidak sejalan dengan apa yang di ucapkan, ini biasanya ungkapan yang benar dan jujur tidak dapat diungkapan secara keseluruhan karena takut, dibawah tekanan pihak lain sehingga sebagian kebenaran ditutup – tutupi dan pelakunya bisa dikatakan sebagai pendusta atau pembohong.
  2. Perilaku jujur dalam perkataan, pengakuan, ucapan, ungkapan dan keterangan yang di sampaikan kepada Tuhannya. Tidak ada perkataan paling benar adalah ungkapan yang disampaikan secara jujur dari hati yang bersih. Ucapan yang benar dengan pengakuan secara jujur dari seseorang dapat memberikan peluang yang seluas – luasnya dalam berkomunikasi dengan sesamanya dan hubungan yang kekal kepada Tuhannya. Manusia yang jujur dengan perkataan benar akan menjamin manusia tersebut mencapai kebahagian didunia dan diakhirat.
  3. Perilaku jujur dalam tingkah laku dan perbuatan. Kejujuran seseorang dalam perkataan akan dinilai orang lain dalam perbuatannya, apakah kejujuran dan kebenaran yang sering diucapkan sama dengan perbuatannya. Disini kejujuran ditegakkan dengan perbuatan bukan hanya dengan ucapan, dan manusia harus bertanggung jawab terhadap setiap pekerjaan yang dikerjakan secara jujur dan benar walaupun mungkin pekerjaan itu akan menimbulkan dampak yang serius terhadap diri sendiri maupun terhadap orang lain.
Ilustrasi Gambar kejujuran 2
Ilustrasi Gambar kejujuran 2

Faktor – Faktor yang mempengaruhi kejujuran antara lain :

  1. Bagaimana tingkat keimanan seseorang terhadap suatu ajaran yang di terima, semakin tinggi tingkat keimanan seseorang, maka perilaku kejujurannya akan semakin jelas kelihatan baik pada ucapan, pengakuan, perkataan – perkataan yang diucapkan dan sikap yang ditunjukan dalam pergaulan kepada sesama manusia. Ucapan dan sikapnya akan berpengaruh pada orang lain dalam menilai kejujurannya.
  2. Dilingkungan mana seseorang itu berada, dia akan berkata jujur dan benar apabila berada pada keadaan memaksa, atau pada lingkungan dimana dia berinteraksi dengan orang – orang yang berkelakuan baik atau bersikap jujur, tetapi seseorang akan mudah berkata tidak jujur atau bohong apabila berada dilingkungan yang komunitasnya terdiri dari orang – orang yang sering berbohong atau berdusta.
  3. Seseorang dapa berkata jujur apabila hati nuraninya tersentuh dengan pujian atau bujukan dari seseorang yang dianggap berpengaruh dimasyarakat, atau seseorang yang bertugas di penyidikan, untuk dapat mengatakan jujur.
  4. Seseorang yang dipengaruhi oleh keadaan hidupnya pada masa lalu. Pada waktu orang tersebut masih anak – anak hidupnya sangat menderita, dibesarkan dilingkungan anak jalanan yang kehidupannya keras dan mungkin tidak akan pernah makan kalau dia berkata jujur sehingga sejak kecil dia tidak pernah diajarkan tentang kejujuran dan kebenaran baik dari orang tuanya atau lembaga sosial, maka setelah anak tersebut menjadi besar akan memberikan perkataan yang tidak benar dan tidak jujur.
Ilustrasi Gambar Kejujuran 3
Ilustrasi Gambar Kejujuran 3

Jadi kesimpulnya adalah untuk mewujudkan kejujuran dalam pribadi kita maka langkah awal yang harus kita lakukan adalah melatih pribadi untuk berusaha menjadi manusia seutuhnya yaitu menyadari bahwa kita adalah makhluk Tuhan, makhluk sosial dan makhluk pribadi, bila tiga unsur tersebut sudah berada dalam satu posisi yang benar maka nilai kejujuran akan muncul.

Editor,

Rendy MM ( Staf CSR Area 1 PT.KMB Reg. Mentaya )

 

Latest posts by rendyorton (see all)

Langganan postingan terbaru, GRATIS !

You May Also Like

2 Comments

  1. Ya ya ya… thanks Mbro.
    Mengingatkan dan meningkatkan pemahaman saya tentang “JUJUR dan KEJUJURAN”.
    Sekedar tambahan aja Mbro… jujur itu nilai yang paling berharga dalam diri setiap insan, biasanya perkataan hati.

    Just info aja… update tadi malam !
    John Chena hanya dikalahkan dengan “sirip Ikan Cupang”… dhuarrrr

    1. Hahahah…. Siap pak..membuat orang utk berbuat jujur itu susah2 gampang pak.. karena apa? Karena merasa sulit dan takut utk berkata jujur akibatnya menimbulkan rasa kekhawatiran yg berkepanjangan. Tetapi ada pribahasa yg mengatakan, “kebenaran dan kejujuran diatas segala- galanya dan apabila berbohong pasti suatu saat akan ketahuan juga”

  2. The Most Popular Traffic Exchange
    Peluang Mendulang Profit di Masa Pandemi Covid 19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hosting Unlimited Indonesia