Dok. hasil Kerajian tangan Desa Merah 1

Kunjungan CSR Eksternal Area 1 Reg. Mentaya ke Stakeholder Desa Merah Kec. Tualan Hulu

Kunjungan CSR eksternal area 1 regional mentaya pada hari rabu tanggal 21 Oktober 2020 ke stakeholder Desa Merah Kecamatan Tualan Hulu Kab. Kotim. Disini kita akan sedikit share mengenai Desa Merah Kecamatan Tualan Hulu.

Desa Merah terletak di kecamatan Tualan Hulu, dengan jumlah penduduk menurut data BPS sebanyak 225 orang, dengan jenis kelamin laki – laki sebanyak 113 orang dan perempuan sebanyak 112 orang dan para penduduknya kebanyakan penduduk asli / lokal . Untuk Fasiltas umum yang ada di desa tersebut seperti sekolahan adalah PAUD sebanyak 1 unit gedung, TK sebanyak 1 unit gedung, SD sebanyak 1 unit Gedung sedangkan SMP sd SMU belum ada.

Untuk Fasilitas kesehatan desa merah memiliki 1 puskesmas dengan ruang rawat inap dengan 2 orang petugas atau bidan yang selalu Stand by. Kemudian untuk jumlah pemeluk agama menurut data BPS, agama muslim sebanyak 139 orang, agama kristen sebanyak 59 orang,ย  agama katolik sebanyak 20 orang dan agama hindu sebanyak 158 orang, jadi pemeluk agama yang paling banyak di desa tersebut adalah agama hindu dikarenakan mereka masih mengikuti dari leluhur mereka.

Dari sisi pertanian, perkebunan dan peternakan di desa tersebut yang banyak di geluti oleh masyarakat desa merah tersebut adalah perkebunan, dan hampir dari penduduk desa tersebut di setiap rumah mempunyai lahan untuk berladang / berkebun dan bermacam – macam yang mereka tanam dan hasilnya selain mereka konsumsi juga dijual ke pasar tradisional yang ada di desa tersebut.

Selain tiga yang kita sebutkan tadi, di desa tersebut ternyata banyak warga yang mempunyai keahlian atau skill dalam membuat kerajian tangan, contoh : anyaman keranjang dari kulit rotan, anyaman pemukul kasur dari rotan, tempat sarung mandau juga ada, dan masih banyak lagi macam – macam kerajinan tangan yang dibuat oleh penduduk desa merah tersebut.

Oleh karena itu tujuan CSR Area 1 Reg. Mentaya ke desa merah tersebut adalah silahturahmi dan berdiskusi perihal program CSR dibidang perekonomian dan pemberdayaan masyarakat. disini kami sepakat untuk bekerjasama dalam hal memperkenalkan hasil dari kerajinan tangan tersebut ke publik walaupun memang ada sebagian sudah mengenal produk olahan tersebut, tetapi untuk menambah income atau pendapatan hasil dari produk tersebut lebih meningkat diperlukan pemasaran dan promosi, disitulah peran perusahaan melalui CSRnya untuk membantu penjualannya, langkah pertama yang kita lakukan adalah bekerjasama dengan UPS unit sebagai wadah atau tempat untuk memperkenalkan produk olahan tersebut.

Dok. hasil Kerajian tangan Desa Merah 1
Dok. hasil Kerajian tangan Desa Merah 1
Dok.Hasil Kerajinan tangan Desa Merah 2
Dok.Hasil Kerajinan tangan Desa Merah 2

sehingga pada akhirnya yakin dan percaya semua lapisan masyarakat akan tahu bahwa didesa pun mempunyai hasil kreativitas yang cukup tinggi dan semoga dengan adanya niatan baik yang kita lakukan untuk membantu mereka bisa menambah penghasilan atau income bagi desa agarย  pihak perusahaan dan pihak desa dapat terjalin hubungan yang harmonis. Sekian

Editor,

Rendy MM ( Staf CSR Area 1 Reg. Mentaya )

 

Langganan postingan terbaru, GRATIS !

You May Also Like

2 Comments

  1. Kita bantu jualkan pak…
    Foto-foto produk dan harganya pak, kita coba bantu publish di web, BukaLapak dan TokoPedia. Ayo pak, kita bantu masyarakat kita.

    Bapak harus buka Akun Pelapak di BukaLapak dan di TokoPedia. Untuk di web militansi.com biar saya yang bantu publish.

    Semangat pak.

    1. baik pak.. itu lah tujuan dari Spider Nest Strategic perlahan tapi pasti pak.. terima kasih pak. atas supportnya

  2. The Most Popular Traffic Exchange

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ambil Keputusan Sekarang untuk Perubahan Hidup Anda - Take Action Sekarang dengan Komunitas Dash2 untuk Meraih Income Eksponensial di Bisnis eCommerce
Hosting Unlimited Indonesia
shares