Nikmatnya Menjadi Seorang Planters di Kebun Plasma

Ide Kreatif : Turmudi (Estate Manager BAGE)
Penulis : Muhammad Rizal (Kasie BAGE)

Perkenalkan nama saya Rizal. Saya seorang planters di PT. BGA Group dan saya menjabat sebagai Kasie (Kepala Administrasi) di salah satu Estate yang ada di BGA Group. Yaaaa… menjadi seorang planters adalah pekerjaan yang sangat mengasyikan, selain kita mendapat ilmu dalam mengelola sebuah perkebunan kita juga mendapatkan Gaji. He.. He.. He..

Diperkebunan kelapa sawit terdapat 2 sistem pengelolaan yaitu :
1. Kebun Inti
2. Kebun Plasma

Kebetulan saya saat ini di tempatkan di kebun plasma. Naahhh… sebenarnya apa sih kebun plasma itu ???

Kebun Plasma itu adalah Kebun/lahan yang berasal dari tanah warga yang dikelola oleh pihak perusahaan untuk dijadikan kemitraan dan nantinya untuk hasil dari perkebunan tersebut dijual kepada perusahaan serta keuntungannya akan dibagikan kepada pihak kebun plasma.

Saya tidak akan membahas lebih jauh tentang arti kebun plasma, tapi saya di sini akan membahas “Nikmatnya Menjadi Seorang Planters Di Kebun Plasma”.

Bagi saya menjadi seorang planters dikebun plasma adalah suatu pekerjaan yang sangat mulia, di satu sisi kita bekerja untuk mencari nafkah buat keluarga di lain sisi kita bekerja untuk membantu banyak orang dalam mengelola kebunnya agar mendapatkan hasil produksi yang maksimal serta dengan cost yang lebih efisien.

Di estate tempat saya bekerja yang bernama Estate BAGE (Beringin Agung Estate) itu mengelola kebun plasma dengan luas 2.135,97 Ha dan dibagi oleh 2 (Dua) pengurus Koperasi (KUD). Untuk pengurus pertama dari Koperasi Mekar Jaya dengan luas 1.086,19 Ha dan untuk pengurus kedua dari koperasi Tani Santoso dengan Luas 1.049,78 Ha. Untuk di Koperasi Mekar Jaya terdapat +/- 576 anggota koperasi sedangkan di Koperasi Tani Santoso terdapat +/- 548 anggota koperasi. Artinya untuk secara total Estate BAGE mengelola +/- 1.124 anggota koperasi.

Coba kita membayangkan sejenak jika 1 anggota koperasi terdapat 1 orang istri dan 1 orang anak artinya 1 anggota koperasi ada 3 orang yang ditanggung dan bayangkan jika secara total anggota koperasi dengan jumlah +/- 1.124 anggota dikali 3 orang (1 orang anggota, 1 orang istri dan 1 orang anak) = 3.372 orang yang akan kita tanggung atau mereka menaruh harapan kepada kita untuk bisa mendapatkan hasil kebun yang maksimal. Artinya di sini kita sebagai planters ketika kita mengelola kebun plasma sama juga kita seperti ibadah yang dimana kita membantu banyak orang untuk bisa mendapatkan hasil kebun yang maksimal.

Ayoooo….. teman-teman planters yang terutama bagi yang mengelola kebun plasma, pada dasarnya kita memiliki tanggung jawab yang lebih besar dan itu sebenarnya tanpa kita sadari. Marilah kita benar-benar mengelola kebun plasma itu menjadi kebun yang bisa mendapatkan keuntungan yang banyak dengan cara kita harus memanen semua buah sawit yang matang yang ada di pokok, menjaga kebun tersebut agar tetap bagus (mengutip brondolan sampai bersih, tidak memanen buah mentah, tidak meninggalkan buah matang di pokok, dll), serta menjaga biaya agar terkendali. Sehingga ketika dilakukannya pembagian hasil atau istilahnya SHK (Sisa Hasil Kerja) para petani plasma merasa di untungkan dan mereka memberikan kepercayaan penuh kepada kita selaku planters untuk mengelola kebun mereka dengan baik.

Ketika kita melakukan kegiatan kita setiap hari mulai dari apel pagi sampai dengan kita pulang kerja itu sebenarnya adalah termasuk suatu ibadah terbesar dalam hidup kita. Karena pada dasarnya ibadah itu bukan hanya sekedar sholat, sedekah, ngaji ataupun puasa tapi bekerja (Bekerja halal) itu juga termasuk ibadah apalagi bekerja membantu para petani plasma dalam mengelola perkebunannya.

Mariiiii…. Teman-teman planters, bukankah kita bekerja ini bukan hanya sekedar mendapatkan uang tapi juga kita bisa mendapatkan ilmu, pengalaman, saudara, pahala dan juga keberkahan dalam hidup dan bekerja yang dimana dimana semua itu kita dapatkan dari doa-doa para petani plasma yang kita bantu.

Mungkin ini sedikit cerita dan pengalaman yang saya bagi.
Terima Kasih.

 

Kerja Cerdas, Kerja Ikhlas, Kerja Tuntas

Langganan postingan terbaru, GRATIS !

You May Also Like

6 Comments

  1. Thanks Mbro…
    Judulnya macam lagi konser di kamar, lagi mengunyah paparoti, lagi makan sama si doi di KFC…. itulah kata nikmat, otakku ngeres.
    Semoga keasyikan memberikan dampak yang positif terhadap diri dan lingkungan. Kerja surgawi ya Mbro…. paten kali achhhhh.

    Saya pakai bahasa Pak PC Kalteng:
    “Di saat Anda mau melakukan sesuatu, tanyakan dulu terhadap dirimu :
    Apa manfaatnya buat Perusahaan?… (states)
    Apa manfaatnya buat estatemu?… (the others)
    Apa manfaatnya buat dirimu?… (himself)
    Ini namanya Planters Statesman, harapan perusahaan kita lah Mbro. Pada kuadran ini (Intelligence tinggi dan Integrity baik).

    Mbro Rizal ini detail… sampe kulit-kulit dan isinya bongkar habis.
    Banyaklah memberi dan pastikan tidak pamrih Guys, logika berpikirnya saja dan janji Tuhan ” semakin banyak kita memberi, semakin banyak juga yang akan kita dapatkan”.

    Ownership harus tumbuh dan berkembang dalam diri. Implementasi konkrit dari ownership ini, jika tidak penting tidak dilakukan, jika tidak butuh tidak dibuat. Tanamkan dalam diri untuk selalu “skala prioritas” dan “peningkatan produktifitas”.

    • Satu butir berondolan perkarakan… pastikan terkirim ke PKS
    • Jaga pusingan panen tetap normal 6/7
    • Tuntas dan bersih HARGA MATI
    • Quality Check benar dan jujur serta quantity yang banyak
    • Budaya pertanggungjawaban dan malu jika berbuat salah
    • Meyakinkan diri, bahwasanya “jika kita tidak bekerja dengan baik, akan berdampak tidak baik ke banyak orang”.
    • Pastikan Akses A1, A2 dan A3 berada dalam kondisi ringan sepanjang masa.
    • Bentuk dan tetap konsisten melakukan Good Estate Governance
      .

    Thank you Guys

    1. Terima kasih pak atas komentar dan masukkannya.
      Pada dasarnya saya berharap dengan adanya tulisan ini menambah semangat bagi jiwa-jiwa para planters.
      Tidak penting mereka mengelola kebun inti ataupun plasma, akan tetapi semangat seorang planters itu tetap ada.
      Sehingga setiap rencana dan tindakan yang dilakukan memberikan dampak serta manfaat yang banyak baik dari diri sendiri, perusahaan, Tim dan orang lain.

  2. Terima kasih pak Rizal..
    Tulisan bapak sangat bermakna,menginspirasi banyak orang terutama diri pribadi saya pak..
    Tulisan ini dapat membangkitkan semangat dalam bekerja,berbagi kebaikan,ketika kita bekerja dengan baik dan bertanggung jawab,kerja dikebun plasma merupakan kerja mulia dan kita kerja sekaligus pada hakikatnya kerja itu ibadah…
    Tetaplah berbagi,tetaplah berbuat kebaikan..
    Selalu bersyukur itu harus..
    Semangat…semangat..semangat…

    1. Pada intinya pekerjaan yang kita lakukan dan kita kerjakan penuh dengan segenap hati nurani kita, niscaya semua hasil kerja keras kita akan terbayar dengan baik dan berbuah positif. Sekarang, semua itu tergantung dari diri kita. Apakah suatu pekerjaan itu menjadi beban buat diri kita ? Apakah amanah yang kita pegang itu sudah baik kita laksanakan ? Itu semua hanya bisa terjawab pada diri kita sendiri, tanya hati kita, asah diri lebih tajam lagi untuk menciptakan hal-hal positif bagi diri kita, team kita serta perusahaan tempat kita bekerja. Tetap berpegang teguh pada prinsip “Apa yang engkau Tabur, itu juga yang akan engkau Tuai”.
      Tidak ada kata yang tidak mungkin bila kita tekun dan tulus menjalankan suatu amanah, mungkin di duniawi kita tidak mendapatkan balasan mengenai fedback yang kita harapkan dengan apa yang sudah kita lakukan, tetapi malaikat dan sang Maha Kuasa mencatat setiap perbuatan baik dan buruk yang kita lakukan selama kita hidup di duniawi.
      Semangat…..Semangat…..Semangat
      Semangat pantang menyerah.

  3. Kalau kebun inti gk bisa ya pak Tur?
    Kalau saya di inti lo. Apa mesti jadi askep ( Asisten kebun Plasma)

  4. The Most Popular Traffic Exchange
    Peluang Mendulang Profit di Masa Pandemi Covid 19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hosting Unlimited Indonesia