Kompilasi Foto Kegiatan Simulasi BBC Quartal 3 2020

NOTULENSI SIMULASI BBC Q III 2020 AREA 1

Yth. Bapak Area Controller 1 Region Mentaya
Dengan hormat,
Berikut kami lampirkan notulensi kegiatan Simulasi BBC (Black Bunch Census) Quartal III Area 1 2020.

Kegiatan Simulasi BBC Q 3 Area 1 Di GMKE Divisi 4 Blok A29a (2)
Kegiatan Simulasi BBC Q 3 Area 1 Di GMKE Divisi 4 Blok A29a (2)

1. Simulasi dilakukan pada hari Rabu, tanggal 19 Agustus 2020 berlokasi di GMKE Divisi 4 Blok A29a. Total peserta yang hadir sebanyak : 71 orang terdiri dari AC, All EM dan Asst. Divisi, QA, RPI, Riset, Mandor dan Perwakilan karyawan sensus BBC Q 3 All Estate Area 1.

  • Pembuka acara simulasi : Bpk Armaya Hafiz (Askep GMKE)
  • Pemimpin Doa                  : Bpk Angga (Asst Div 2 GMKE)
  • Safety briefing                   : Bpk Feri (Asst Div 1 GMKE)

2. Peserta melakukan cuci tangan pakai sabun (CPTS) sebelum memasuki area simulasi dan memakai masker. Tidak terdapat peserta dalam keadaan sakit (gejala batuk, pilek, pusing, dan demam) serta tidak terdapat peserta dengan hasil cek suhu tubuh diatas 37,8 °C.

Pengecekkan suhu tubuh dengan menggunakan Thermogun sebelum memasuki area simulasi BBC Q 3.
Pengecekkan suhu tubuh dengan menggunakan Thermogun sebelum memasuki area simulasi BBC Q 3.

3. Sensus BBC III 2020 dilakukan dengan berpedoman pada IOM No. 168/IOM/EDS-BGA/VIII/2020 dan IOM No. 275/IOM/EDS-BGA/XII/018 serta Arahan PQIC melalui WAG mengenai buah yang dihitung adalah buah hitam saja sedangkan bunga tidak dilakukan perhitungan.

4. Arahan AC 1 (Bpk Budi Siregar)

  • Sensus dilakukan dengan jujur dan teliti baik pada saat perhitungan dilapangan dan pencatatan pada format BBC.
  • Sensus harus sudah selesai sebelum tanggal 31 Agustus 2020 dari perhitungan buah maupun pengambilan sample penimbangan BJR.
  • Pencapaian Produksi Q 2 terhadap Sensus BBC Q 2 Area 1 sd tanggal 14 Juli 88 %, maksimalkan eksploitasi buah dilapangan.

5. Pemberian reward pada tim sensus BBC terbaik didasarkan pada pencapaian produksi Q 2 sd tanggal 14 Agustus 2020 dan Performance BHS sd Juli 2020. Adapun peringkat 3 terbaik adalah sbb :

  1. Tim Sensus BBC SMNE Divisi 3 (86,53)
  2. Tim Sensus BBC GMKE Divisi 1 (86,31)
  3. Tim Sensus BBC GMKE Divisi 2 (86,29)

6. Materi yang disampaikan dari Riset :

  • Teknis kerja sensus BBC Q 3 yang dilakukan dengan sistem Ancak Giring Tetap pada blok standart sedangkan Sistem Ploting hanya dilakukan pada blok dengan kondisi luasan tidak standart dari luasan yang kecil, terpencar, dan areal bukitan.
  • Penandaan (tapak jalak) pada pokok pertama setiap masuk ke baris baru dan hasil perhitungan dengan menggunakan cat warna kuning.
  • Teknis pengisian pada format BBC Q 3 dan penegasan penulisan angka yang jelas pada format BBC.
  • Penegasan perhitungan buah hitam saja pada BBC Q 3 2020 kepada karyawan sensus sedangkan bunga tidak dihitung.
  • Kriteria buah yang dihitung yaitu dari mulai Buah umur 7 Minggu s/d Buah siap panen (Berondol) dan buah yang tidak dihitung adalah buah dengan kondisi tidak sehat (Buah terkena gigitan tikus,buah terkena serangan Tirathaba, buah terkena serangan Marasmius dengan kerusakan 50% keatas) dan buah banci.
  • Pengertian pokok-pokok Non-Valuer/Pokok Abnormal (P. Gajah, P. Erect, P. Jantan, P. Sisip, P. Abortus dan P. Mati/Titik Kosong) serta penulisan di format BBC.
  • Mandor sensus, Assiten dan EM wajib melakukan Rechek pekerjaan BBC karyawan sensus BBC.
  • Penegasan sensus BBC pada karyawan sensus harus dilakukan dengan Jujur, Teliti, dan Benar.
Pemberian Materi Mengenai Sensus BBC Oleh Staf Riset.
Pemberian Materi Mengenai Sensus BBC Oleh Staf Riset.

7. Diskusi dan Tanya Jawab

  • Pak Indra (QA)

QA akan melakukan recheck hasil sensus BBC dengan berpedoman pada IOM dan kesepakatan yang telah diambil pada saat simulasi. Pastikan no baris sensus ditulis dengan jelas agar memudahkan pada saat recheck. Apabila hasil recheck varian yang didapat lebih dari 10 % maka wajib dilakukan sensus ulang pada blok tersebut oleh karyawan sensus dan tidak dibayar.

  • Pak Musa (EM GMKE )

Perencaan sensus BBC harus dilakukan dengan benar terutama pada penentuan Blok Sensus agar tidak bersamaan dengan pekerjaan panen. Apabila tidak bisa dihindarkan maka karyawan sensus wajib mencatat buah yang terpanen selain menghitung buah BBC. Diperhatikan juga mengenai kriteria buah BBC yang dihitung terutama pada pokok tinggi karena mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi.

  • Pak Indra Yapet (EM SMRE)

Dihindari sensus BBC bersamaan dengan pekerjaan panen karena hasil akan menjadi bias. Sensus dapat dilakukan dengan mengikuti rotasi panen H+ 1 atau 1 hari setelah dilakukan panen. Penegasan kembali mengenai buah BBC 3 yang dihitung adalah buah hitam saja.

  • Pak Tommy (EM SMNE)

Karyawan sensus harus lebih teliti lagi karena hanya buah hitam saja yang dihitung sehingga persentase varian akan lebih mudah tinggi dibandingkan perhitungan buah dan bunga. Dipastikan blok telah siap untuk dilakukan sensus.

  • Pak Yoga (Riset 1)

Pada blok rawan banjir agar dipastikan tetap dilakukan sensus pada saat blok tidak dalam kondisi banjir serta kondisi blok lain dipastikan telah siap dilakukan sensus (prunning sudah dilakukan). Format hasil sensus segera di setor ke mandor/assten untuk dilakukan penginputan ke sistem.

Kompilasi Foto Kegiatan Simulasi BBC Quartal 3 2020
Kompilasi Foto Kegiatan Simulasi BBC Quartal 3 2020

          Demikian disampaikan notulensi simulasi BBC Q III 2020 untuk diketahui bersama. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Langganan postingan terbaru, GRATIS !

You May Also Like

1 Comment

  1. Hosting Unlimited Indonesia
  2. The Most Popular Traffic Exchange

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hosting Unlimited Indonesia
shares