Rawat jalan Blok C09a BDME 01, 26 Oktober 2020

Perawatan Jalan Terbaik Saat Kondisi Curah Hujan Terus Menerus (LaNina)

[28/10 05:58] Pak Guntur H Hasibuan PC KalTeng: Dear All Area Controller :

Memperhatikan dinamika kondisi jalan, curah hujan tinggi dan potensi hambatan evakuasi yaitu :
1. Situasi bulan hujan yg sedang berlangsung 2 bulan ini dan diperkirakan masih akan terus berlangsung bulan bulan ke depan.
2. Kondisi tanah jenuh air berdampak buruk pada peningkatan run off dan kekuatan daya rusak air hujan pada jalan akses dan jalan produksi.
3. Beban Pemakaian Jalan yg sangat tinggi pada kondisi peak crop saat ini dan 2 bulan ke depan.
4. Perburukan Kondisi Jalan dan Hambatan Evakuasi TBS yg cukup tinggi di beberapa tempat.

Harap benar benar diperhatikan, dikampanyekan, didemonstrasikan dan dijalankan dengan Kualitas Eksekusi yg sempurna, Disiplin Pemakaian dan Pemeliharaan Jalan ( Disiplin Pakai + Disiplin Rawat ) pada Musim penghujan, yaitu :
1. Strategi dan Taktis Pemeliharaan Jalan saat Musim Hujan diarahkan (Fokus) pada Upaya Mencegah dan Memastikan tidak ada penambahan Ruas Jalan Rusak Baru, mempertahankan Ruas Jalan yg kondisinya baik tidak menjadi rusak, mulai dari kerusakan paling ringan, mulai dari Rotasi Regulernya sesuai Seksi Panen.
2. Pada Situasi Curah Hujan sangat tinggi dan Tanah Jenuh air, Pemeliharaan Jalan Mekanis menjadi kurang efektif, (dan justru berdaya rusak besar jika tidak dijalankan dengan hati2 dan dengan taktis kerja yg benar).
3. Oleh karenanya Disiplin Pemeliharaan Jalan Manual secara Progresif adalah pilihan utama kita guna mempertahankan kondisi jalan tetap baik saat musim hujan dan beban pakai jalan tinggi (peak crop) .
4. Tim Rawat Jalan Manual Reguler Divisi (5 Tk / sesuai kebutuhan), haruslah sangat disiplin memastikan disiplin rawat jalan manual divisi secara ketat yaitu ; Memastikan tidak ada parit sisi jalan yg sumbat dan lambat mengalir, Memastikan tidak ada genangan air pada badan jalan, Tidak ada gorong2 tersumbat, dll.
5. Perbaikan jalan rusak berat haruslah dilakukan oleh Tim Ad-Hoc (diluat tim reguler), tidak mengganggu Tim Reguler dan hanya dilakukan untuk memastikan unit angkut TBS bisa lewat, bukan perbaikan total.

Rawat Jalan Manual Blok A06a, GMKE 01 - 26 Oktober 2020
Rawat Jalan Manual Blok A06a, GMKE 01 – 26 Oktober 2020

5. Miskonsepsi Strategi dan Taktis Pemeliharaan Jalan pada musim Penghujan akan mengakibatkan Involusi dan Perburukan kondisi jalan dengan sangat cepat, kecepatan dan kemampuan perbaikan jauh lebih lambat dari kecepatan perburukannya. Jika Tim Rawat Reguler hanya berfokus pada perbaikan jalan rusak berat, yg outputnya sangat rendah (10 HK/Spot) tapi melalaikan tugas utamanya mencegah kerusakan ruas jalan baru, memastikan kerusakan jalan ringan tidak menjadi berat, yg outputnya sangat tinggi (100 Meter/Hk), Maka dapat dipastikan penambahan panjang ruas jalan rusak baru jauh lebih cepat daripada jumlah ruas jalan yang mampu diperbaiki. Di satu sisi Spot jalan Rusak Parah yg diperbaiki, tidak serta merta membaik, dan akan terus menerus menyedot alokasi TK Rawat Reguler.
6. Penyebab utama kerusakan jalan adalah air, drainase jalan yg buruk, parit sisi jalan tersumbat dan lambat mengalir, jadi konsep utama perbaikan jalan adalah memperbaiki drainasenya, memastikan seluruh parit sisi jalan lancar, memastikan gradien/kemiringan parit sisi jalan diarahkan menuju drainase blok (dimana ada kesempatan membuang air).
7. Asisten divisi harus membiasakan diri untuk sesegera mungkin menghilangkan air tergenang pada badan jalan, air yang tidak mengalir di side drain jalan, serta gorong-gorong yang tersumbat. Jangan biasakan menunggu alat berat seperti Road Greader dan TLB. Lakukan segera perbaikan jalan secara manual pada tingkat kerusakan masih kecil. Tanamkan Budaya Malu Jalan Akses Gelap, Ternaungi, Tergenang, Side Drain tidak Lancar dan Gorong Gorong tersumbat.
Dalam Fase Penegakan budaya ini, kami minta seluruh AC dan Manager membawa perlengkapan pemeliharaan jalan manual di mobilnya masing2.
8. Jika ada kesempatan melakukan grading jalan karena diketahui pola curah hujan cenderung sore atau malam hari, maka pekerjaan grading dan compacting hanya boleh dilakukan pada ruas jalan yg lembab (tidak basah dan berair). Pekerjaan grading dan compacting haruslah diatur tuntas dalam kepingan ruas yg pendek (per 100 meter) secara bertahap. Setiap ruas jalan yg diperbaiki haruslah tuntas pekerjaan grading dan compactingnya. Diharamkan melakukan pekerjaan grading jalan pada ruas jalan yg panjang, grading muka/badan jalan seperti pada saat musim kemarau.
9. Fokus kerja Road Greader pada Musim Hujan diarahkan untuk perbaikan side drain, memastikan tidak ada parit sisi jalan yg tersumbat dan lambat mengalir bukan Grading Total. Pisau Grader sebisa mungkin diarahkan ke luar, sehingga tanah dari sisi jalan diarahkan ke luar bukan ke badan jalan.
Dilarang melakukan Grading Total, Grading Muka Jalan, mengupas badan jalan dan merusak lapisan hardpan jalan yg mengakibatkan hardpan jalan kembali muda.
10. Momentum saat awal musim penghujan (biasanya 2 minggu pada awal musim hujan), pada saat frekuensi hujan masih jarang haruslah dimanfaatkan untuk mengkonsolidasi Jalan Akses ( Jam kerja Greader dapat diatur 2 shift untuk memaksimalkan output ). Kondisi jalan yg mulai lembab pada awal musim hujan ideal untuk membentuk dan memadatkan jalan. Jika frekuensi hujan mulai tinggi dan intensif tidak diizinkan melakukan pekerjaan grading muka jalan. Seluruh pekerjaan grading hanya ditujukan untuk perbaikan parit sisi jalan.
11. Area Controller haruslah telah mendesign jaringan jalan akses kebun dan wilayah. Jaringan jalan akses wilayah haruslah memiliki kriteria yaitu :

1. Merupakan penghubung tersingkat Divisi-Estate-Mills-Jalan Akses Negara (Logistik),
2. Harus ada Jalan Akses tercepat dan jalan Akses Alternatif.
3. Bebas Banjir (Telah Dilakukan Peninggian Jalan sesuai level banjir tertinggi)
4. Bebas Klaim (telah dibebaskan dan menjadi hak penuh)
5. Menjadi jalan utama Logistik keluar masuk area.
6. Memiliki lebar minimal 7-9 meter.
7. Telah dilakukan pengerasan dan mempunyai daya dukung maksimum dengan bearing capacity 30 Ton.
8. Seluruh jembatan dipriotaskan menggunakan jembatan permanen dan Box Culvert
9. All Weather Road, Bebas Banjir, Bebas Klaim, dan mampu dilewati dengan kecepatan 40-60 km per jam dengan tingkat keselamatan tinggi.

Rawat jalan Blok C09a BDME 01, 26 Oktober 2020
Rawat jalan Blok C09a BDME 01, 26 Oktober 2020

12. Jaringan Jalan Akses Wilayah termasuk Akses Utama Kebun yang menghubungkan Emplasemen Utama (Main Complex) ke Akses Penghubung Area, penghubung antara Main Complex Estate ke Secondary Complex (Emplasemen Divisi).
13. Disiplin Rempes Pelepah” 2 kali setahun, sebelum musim penghujan dan pertengahan musim penghujan (Oktober dan Januari). Prioritas Pekerjaan Rempes Pelepah haruslah dimulai dari Jalan Akses Menuju PKS, Main Road, Collection Road. Jalan Akses dan Main Road haruslah telah mendapat intensitas penyinaran yg cukup mulai pukul 9 pagi.
14. Pada Areal berbukit (Region 1) haruslah dikurangi penggunaan jalan bantu untuk transport TBS (Rasionalisasi Jalan dan TPH). Penambahan jalan bantu angkong (Infield access) untuk mengeluarkan TBS lebih diperlukan dan jauh lebih efektut dari penambahan jalan transport TBS.
15. Pada Areal berbukit, Sensus Kebutuhan dan Pembuatan Cross Drain pada setiap titik pertemuan penurunan jalan, yg mana salah satu sisi jalannya tinggi (tebing), sehingga air mengalir melewati badan jalan, sangat penting dilakukan. Gunakan Pipa paralon untuk mengalirkan air, dengan pembuatan rorak kontrol pada sisi kanan -kiri jalan
16. Minimalisasi Penggunaan Jalan dan Sistem Management Transport yang baik, zero tractor, rasionalisasi TPH, system ancak panen yg baik & efisiensi evakuasi TBS.

[28/10 08:27] Pak Mubarak Ahmad COO BGA: Bapak 2 semua arahan ini…bukan utk dijawab siap pak…siap pak. Anda harus panggil semua manager anda,asisten anda, operator grader, mandor rawat jalan, tk rawat jalan: tunjukan contoh nya, demonstrasikan langsung. Itu yg nama nya pemastian. Pemastian bukan bunga kata2 penjawab arahan.
[28/10 08:30] Pak Mubarak Ahmad COO BGA: Kalau ada yg punya niat, menjawab arahan ini hanya untuk bunga kata2 jawaban arahan, anda hentikan niat itu segera. Buktikan anda teruskan ini dengan demonstrasi dan simulasi langsung. Saya tunggu bukti2nya.

Ikuti Saya

Langganan postingan terbaru, GRATIS !

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hosting Unlimited Indonesia
shares