Proses Perbaikan Melalui Mengenal Peran Diri (Surprise Check 07 September 2020)

SURPRISE CHECK 07 SEPTEMBER 2020

Pada Surprise check yang dilakukan pada Hari senin, 07 September 2020, oleh bapak Budi Siregar (Area Controller 1) di estate BDME ditemukan permasalahan yakni :

1.FU Mengenai kekurangan premi panen divisi 3 BDME(Mangkup) Periode Gaji Agustus 2020
2.Perbaikan Standard Pemupukan TPP BDME
3.Tidak dilaksanakan apel pagi estate.
4.Kurangnya disiplin kasie

kemudian dari permasalahan tersebut maka terdapat solusi yakni :
1.Menindaklanjuti surprise check pada hari sabtu, 05 september 2020 maka sudah dilakukan perbaikan secara system blok-blok divisi 3 yang belum terakomodir di system dikarenakan adanya system premi baru, dan dibuatkan pengajuan mengenai kekurangan premi panen, didetailkan untuk rincian kekurangan premi tersebut.
2.Dibuatkan standarisasi pemupukan khususnya TPP didiskusikan dengan Koordinator BMS (sebagai estate percontohan BMS estate SMRE).
3.Pendisiplinan Mengenai apel pagi dan quality check payroll.

PROSES PERBAIKAN DENGAN MENGENAL PERAN DIRI

Didalam unit kerja tentu setiap individu didalam tim memiliki perannya masing-masing,dan untuk menyamakan presepsi dalam masing-masing individu didalam sebuah tim tentunya tidak mudah, idealnya setiap individu pasti menginginkan yang terbaik dalam sebuah tim ,namun didalam nya harus diwujudkan melaui sebuah komitmen dan tujuan yang sama contohnya dalam hal apel pagi.maka dari itu penting bagi masing-masing individu untuk mengenal peran diri didalam sebuah tim.

Proses mengenal diri adalah hal yang paling basic yang harus terus dilakukan dalam hidup (di upgrade/melakukan pembaruan). Dengan Mengenal diri dan peran diri, seseorang bisa lebih mengenal diri dan kekuatan diri yang bisa dikeluarkan saat dalam masalah atau saat dalam kondisi rentan. sebagai contoh :seorang dokter berperan untuk mengobati pasien, maka dia memiliki kekuatan untuk menganalisa penyakit dan memberikan resep obat dan layanan proses penyembuhan pasien tersebut,
Dan apa yang terjadi jika seorang individu tidak mengenal peran diri? yang terjadi adalah individu tersebut akan rentan ketika dihadapkan pada masalah, dan tidak terarah untuk menentukan langkah kedepannya selain itu, didalam proses mengenal peran diri khususnya didalam dunia kerja juga harus dapat melihat dan memahami personality, kelebihan dan kekurangan diri,value, tujuan hidup, serta skala prioritas masing-masing yang salah satunya yakni perencanaan dan identifikasi masalah. karena didalam dunia kerja lingkungan akan selalu berubah, pengalaman akan terus bertambah, dan dunia akan terus berkembang (dalam contoh konteksnya teknologi dan system), maka dari itu penting bagi kita untuk melakukan pembaruan dan mengupgrade diri.

Surprise Check, salah satunya juga merupakan salah satu tindakan untuk melakukan pembaruan dalam tim, surprise yang bersifat dadakan secara tidak langsung merupakan bentuk saling keterbukaan (karena mendadak sehingga tidak sempat dimanipulasi) dan bentuk peduli pimpinan kepada tim, kepedulian merupakan salah satu bentuk feedback, Feedback yang baik merupakan feedback 360 derajat, yakni feedback yang diperolah dari atasan (feedback keatas, feedback yang diperoleh dari teman selevel (feedback kesamping), dan feedback yang diperoleh dari anggota tim (feedback kebawah). dengan membiasakan feedback 360 derajat maka akan dicapainya tujuan bersama.

Terima kasih.
KamiMAUKamiJugaBiSA

amila khusnia

Langganan postingan terbaru, GRATIS !

You May Also Like

15 Comments

  1. Hosting Unlimited Indonesia
  2. Thanks bu Mila…
    Karena kita masih cenderung ketimuran, tanpa kita sadari karena didikan orang tua, didikan di bangku sekolah, lingkungan – kita cenderung melihat dan mencontoh siapa atasan kita atau orang yang kita favoritkan.
    Masalah akan tetap jadi masalah, jika tidak diselesaikan ya tetap masalah. Apalagi menyangkut Upah (hak mendasar karyawan), itu harus menjadi PRIORITAS dan WAJIB cepat diselesaikan. Idealnya: lebih peduli, lebih pro aktif dan lebih banyak belajar. Kita harus sadar diri, bahwa kita tidak langsung berdiri. Pastilah dimulai dari merangkak – duduk – mencoba berdiri – mencoba berjalan – yang pada akhirnya bisa berlari. Dengan keyakinan, semangat dan pantang menyerah semua itu bisa kita wujudkan. Jatuh itu hal biasa, karena untuk mencapai sesuatu yang kita tuju, pastilah dihadapkan dengan rintangan, cobaan, tantangan dan sekaligus harapan.

    BGA mendesign plantersnya untuk bekerja standard (work standard), berorientasi bisnis/keuntungan (business accumen), menjalin kerjasama yang baik (networking) dan mengelola orang yang baik (handle people / people handling).

    Disiplin apel pagi merupakan tindakan preparasi. Jika waktu memulai sudah tidak baik, cenderung hasil akhirnya tidak baik. Begitu juga dengan apel pagi, apalagi tidak dilakukan… Banyak manfaat dilakukannya apel pagi tersebut : menyapa team, menegaskan rencana yang sudah dibuat pada sore hari kemarin, silaturrahmi dan absensi team.

    Membentuk team yang baik, sederhana saja : harus mengganggap dirinya bagian dari team, sadar dan paham serta menjalankan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing (job desk), diukur keberhasilan dari sebuah yang sudah direncanakan sesuai dengan job desknya, komunikasi yang baik dan saling bekerjasama.

    Jujur merupakan hal mendasar untuk mengembangkan diri. Jika kita tidak tau, katakanlah ya tidak tau… bertanya, belajar… kunci dari sebuah kita berkata jujur.

    Untuk mengukur kinerja individu dan team proses kerjanya sebaiknya dilakukan “surprise check atau dadakan check“, itulah kondisi kinerja individu dan team yang sebenarnya. Seorang leader harus melakukan ini.

    Tetap Semangat dan berikan yang terbaik.

  3. Bila kita melihat point inti dari permasalahan diatas sudah dapat kita menyadari dan bisa mengevaluasi kediri kita dahulu, lalu ke team kita dengan indikator seberapa komitmen dan serius kita menganggapi masalah tersebut. Apakah hanya sebatas disitu saja ? Atau hanya dilakukan perbaikan sesaat saja ? Yang mengetahui jawabannya tersebut adalah diri kita serta team kita.
    Kenapa kadang kala setiap di perusahaan itu pasti ada orang-orang khusus untuk menilai kinerja kita? Itu adalah menjadi salah satu indikasi untuk perbaikan terhadap diri kita serta ke team kita agar menjadi evaluasi bersama kedepannya. Karena, bila tidak orang khusus (independen) dalam menilai hasil kinerja kita, kita akan selalu merasa sudah baik dan bagus, padahal nyatanya ? Belum mbrooo. Maka dari itu ada yang dinamakan Suprice Check, Quality Check, Inspeksi, dan lain sebagainya guna untuk menjadi dasar kita mengetahui kekurangan kita dalam bekerja, sehingga kita dapat mengevaluasi hingga melakukan perbaikan agar kedepannya tidak terulang kedua kalinya.
    Pada intinya kita harus tarik kediri kita dahulu lalu kita bisa share ke team, sehingga tidak ada lagi kata kata menyalahkan, berbagai macam jawaban alasan yang dikarang karang dan membuat kita menjadi lebih baik lagi kedepannya dengan menanamkan komitmen hal hal positif untuk melakukan perubahan kearah yang lebih baik.

      1. Penjelasan mendetail yang ibu bilang itu belum sepenuhnya Bu, karena disini kita saling berbagi dan saling support agar menjadi tular ajar positif untuk kita semua. Sebab karena berbagilah kita akan menumbuhkan pemikiran pemikiran yang baru sehingga dapat kita implementasi kan dalam kehidupan kita sehari hari serta pekerjaan yang kita lakoni.

  4. Apel pagi: Terkadang suatu kegiataan dilakukan hanya untuk menggugurkan kewajiban saja. Apel pagi, pagi sore dan kegiatan yang sering Dibohongi, terkadang kita takut tidak melakukan Tetapi tidak menjiwai Makna dari sebuah makna yang kita lakukan. Apa sih manfaat atau faedah dari suatu kegiatan
    Premi panen :
    Berpikirlah :jika itu tidak terjadi maka apa kerugian buat Perusahaan, Kerugian buat Orang banyak, kerugian buat teman dan kerugian buat saya. Kita sering *menyepelekankan Asisten nya nanti yang tanggung jawab*
    TPP pupuk: cara memenuhi 5W + 1E.
    Koordinator: Sensus pokok wajib dijalankan untuk mendapatkan jumlah untilan yang standar
    Kasie: menyiapakan bahan yang akan dijadikan tpp.
    Berbagi peran 1 sama lain.
    Disiplin : Saya juga merasa diri saya kurang disiplin. Benarin Otak kita dulu kalau mau disiplin anda punya tujuan yang kedepan. Jika sudah tidak disiplin ya pulang saja dari pada menyusahkan orang banyak.

    Pengenalan diri:
    Kebanyakan individu banyak sekali kurang mengenal diri maka banyaklah menggaji diri (Bpk Budi Siregar). Banyakan Lebih mengkedepankan Kesombongan dirj, keangkuhan diri rasa tidak peduli.
    Team itu bekerja sama 1 sama lain, dengan cara sama sama kerja dan kerja sama sama. Pasti lebih mudah dan lebih cepat menyelesaikan 1 hal yang berat. Dan dicontoh dan dikomandoi oleh seorang Pemimpin.
    Saya sangat setuju buk dengan surprise check Perol gaji. Kita harus check dan check upah karyawan kita agar membuat orang nayaman berkerja. Maka dengan itu kita harus:
    1. Update inputan H+1
    2. Membuat pusingan Inputan.
    3. Kirimkan Evidentnya ke EM, dan Asisten.
    4. Membuat monitoring Premi, dan HK.
    5. Perol mingguan dibagikan ke karyawan.
    Maka dengan itu masalah adminitrasikan minimim kekurangan hak- hak karyawan.

    Tidak ada yang tidak bisa, tidak yang tidak mampu jika ia mau berusaha.
    Kami Mau, Kami Juga Bisa.

      1. Acuan kedepan itu bukan Menjadi wacana. Tapi menjadi realita.
        Harus ditegaskan juga setiap apel sore : Semua LHM wajib di bawa ke asisten ke Estate. Agar dapat diinput pagi hari dan Menjadi laporan Pagi yang sudah di ttd EM ( Estate manager) agar data yang dikirim ke wilayah tidak menjadi data sampah. Akurat dan dapat dipertanggung jawabkan. Dan dapat di evaluasi jika ada problem maka hasil tersebut menunjang input dipagi harinya. Premipun langsung dipertanggung jawaban asisten ke EM terkait premi.
        Maka semua mudah. Karena EM bisa meeting m, kawal kunjungan, dan Hal penting lainnya.
        Begitu looo. Buk

  5. Bila kita tetap komitmen serta konsisten dalam menjalankan tugas dan tanggung kita masing masing departemen dengan baik dan bener, kita akan pasti lebih siap lagi kedepannya.
    Misalkan.
    1. Komitmen dan Konsistensi dalam menjalan apel pagi dan sore.
    2. Komitmen dan Konsistensi dalam update RKH, Kokpit dan lain sebagainya.
    3. Komitmen dan Konsistensi dalam input serta pembuatan LHM.
    4. Komitmen dan Konsistensi dalam perhitungan premi karyawan.
    5. Dan Lain Sebagainya

    Dengan begitu, bila kita sudah komitmen serta konsisten dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab kita, itu akan menjadi tular ajar positif bagi kita, bagi lingkungan sekitar kita serta team kita pada intinya.

    Dan bila kita dapat menyadari hal tersebut, secara tidak langsung akan menjadi hal kebiasaan baik untuk kita dan team kedepannya hingga menjadi kebiasaan baik untuk kita dan team pastinya.

    Pada intinya, tanamkan di diri kita bekerja dengan Iklas, Sabar, Jujur serta Loyalitas terhadap apa yang kita kerjakan serta dampak terhadap perusahaan tempat kita bekerja.

    Tanamkan selalu hal hal positif pada diri kita serta kejujuran adalah hal yang mendasar untuk dapat kita melanjutkan langkah selanjutnya kedepan. Selalu berbagi hal hal yang positif dan jangan pernah bosan untuk berbagi mengenai hal hal positif terhadap banyak orang.

  6. Terima kasih Bu Mila..
    Sudah berbagi ilmu,ke banyak orang..
    Dari tulisan yang ibu buat,membuat kita untuk belajar menolak KEMALASAN..
    Sehingga kita bisa lebih disiplin dan rajin untuk melakukan hal hal yang positif,untuk membangun mental seorang PEMENANG bukan sorang PECUNDANG..

  7. Mantap Bu Milla,

    Mindset yang dibangun terkait Surprise Check sangat baik, memandang dari segi postif kegiatan pemeriksaan/kunjungan yang bersifat random dan tiba-tiba.
    Pribadi yang Maju dan Sikap Mau mejadi lebih baiklah yang diharapkan Pimpinan Kita dari adanya Surprise Check ini. Selain sebagai bahan Evaluasi juga sebagai alarm bagi kita bahwa kita tidak boleh lengah/lalai/terlena dengan apa yang menurut kita sudah baik.
    Maka, teruslah berkembang menjadi lebih baik lagi, pantang menyerah, dan jadilah inspirasi bagi lingkungan yang membawa dan menyebarkan suasana serta pikiran positif dalam pekerjaan.

    Tetap Semangat, Pantang Menyerah.
    Kita Terlahir sebagai Pemenang.

  8. The Most Popular Traffic Exchange

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hosting Unlimited Indonesia
shares