Visit Pak COO di Region Kotawaringin, 16 Nopember 2020

Road Show (Visit) Pak COO BGA Akhir Tahun 2020

Bapak Mubarak Ahmad (COO BGA) melakukan Visit (road show) ke lapangan di akhir tahun 2020. Berikut rincian dokumentasi dan notulensi visitnya :

Reg: Sei Melayu, Wil: 10; Kamis, 12 November 2020:
Telah dilaksanakan kunjungan lapangan oleh Bpk. COO dan dilanjutkan sarasehan, adapun beberapa point hasil kunjungan yaitu:

Visit Pak COO ke Reg Sei Melayu, Wil 10 - Kamis, 12 November 2020
Visit Pak COO ke Reg Sei Melayu, Wil 10 – Kamis, 12 November 2020

1. Percepatan rotasi pengendalian gulma, jangan sampai pertumbuhan gulma lebih cepat daripada pengendalian.
2. Areal pasir rendahan/tergenang dibuat parit terputus yang bertujuan untuk menampung air. Pembuatan tapak timbun adalah solusi terakhir. Bahwa setiap masalah harus dilihat secara menyeluruh untuk mencari solusinya.
3. Perbanyak pembuatan sekat air pada areal pasiran. Sekat air harus dibuat dari areal yang permukaannya lebih tinggi untuk menghambat laju air.
4. Pada areal pasiran harus memperhatikan ground management, lakukan pengendalian gulma dengan hand slasher, selective chemist dan control.
5. Kelembaban areal pasiran harus tetap terjaga untuk menghindari serangan Tirathaba yaitu dengan tetap menjaga kebersihan piringan dan water manajemen yang baik.
6. Pencapaian target yaitu target sehat, tanam, target produksi, target profit, target quality, dan target improvement.
7. Tetap mematuhi protokol covid-19 dan jangan menjadikan protokol covid-19 sebagai pembatas untuk bekerja dengan baik.
8. Berani menyampaikan masalah pada pimpinan, karena pimpinan datang adalah untuk menyelesaikan masalah, “JUJUR MENYAMPAIKAN MASALAH WALAU TERLIHAT JELEK JAUH LEBIH BAIK DARIPADA TERLIHAT BAIK NAMUN BANYAK MASALAH YANG DISEMBUNYIKAN”

Demikian. Terimakasih

Dengan hormat,

Berikut kami lampirkan hasil visit COO, POC, dan PC Kalbar di Area 8A pada Sabtu, 14 November 2020:

Hasil visit:
1. Konsep water management adalah mengeluarkan kelebihan air dan mempertahankan level air di musim kemarau
2. Pintu air adalah titik terlemah dan harus dipantau, serta diperkuat dengan wing wall
3. Gawangan semak disemprot secara blanket agar tumbuh suksesi Neprolephis
4. Anak kayu ditebang dan oles dengan triklopir
5. Pekerjaan semprot lebih penting dibandingkan pekerjaan manual
6. Pembuatan yard stick berdasarkan leveling GIS

Visit COO, POC, dan PC Kalbar di Area 8A pada Sabtu, 14 November 2020
Visit COO, POC, dan PC Kalbar di Area 8A pada Sabtu, 14 November 2020

Arahan COO:
1. Management memberikan penghargaan kepada seluruh staf operasional dalam memperhatikan protokol Covid-19 sehingga dapat bekerja dengan aman dan sehat
2. Perusahaan masih dapat beroperasi menghasilkan keuntungan dimana perusahaan lain banyak yang ambruk
3. Menjaga target produksi dapat dimaksimalkan, dapat bertumbuh/semakin baik. Buah mentah adalah kejahatan di perkebunan, yang tidak menghasilkan minyak, dimana buah tsb ditunggu 3 tahun
4. Target Mill harus dimaksimalkan khsususnya OER dan KER
5. Continuous improvement/budaya pertumbuhan harus digalakkan, orang panen pupuk dan semprot lebih mudah bekerja, tanaman semakin membaik, maka produksi akan meningkat

Demikian kami sampaikan, terima kasih

Reg.Kotawaringin
Kebun SLNE
Tanggal 16 Nop 2020
Beberapa arahan COO selama visit sebagai berikut:

Visit Pak COO ke Reg Kotawaringin Kebun SLNE, 16 Nopember 2020
Visit Pak COO ke Reg Kotawaringin Kebun SLNE, 16 Nopember 2020

1). Kelengkapan data pendukung visit khususnya masalah water management dimulai dari peta Region kemudian peta wilayah, peta estate, divisi sampai zona dilengkapi pula dengan kondisi aliran air dll.
2). Untuk pengawalan blok2 TM maka tolok ukur yg paling mudah u dijadikan tools adalah Yield, dimana kalau blok2 tsb yieldnya lebih rendah dari rata2 blok yg ada bisa dipastikan didalam blok tsb ada masalah, dengan bantuan Drone dan dipastikan dengan masuk kedalam blok itu sendiri sehingga bisa menentukan rencana kerja atau program apa yang harus segera dijalankan pada blok tsb u mengejar ketertinggalan yield dr blok lainnya.
3). Sedangkan pengawalan blok TBM, tools yg tepat dan mudah adalah Figur tanaman dan kelengkapan pokok/SPH.
4). Mengelola tanah pasir yang terpenting adalah mencegah air keluar artinya kita yang memutuskan mengeluarkan air
5). Beberapa langkah yang harus segera ditindaklanjuti dalam menangani pokok poor figur spot spot didalam blok berpasir adalah mengendalikan keberadaan gulma digawangan dengan semprot gawangan selectiv; menurunkan permukaan air tanah dengan membuat alur alur parit dari lokasi tergenang; Penambahan BO tanah lewat aplikasi JJK dan penambahan nutrisi bagi PKK dengan pupuk ekstra. Membuat parit diareal pasir harus hati2 bisa2 pada kondisi tertentu justru penyebab terjadinya kekeringan.
6). Kalau sampai ada bangunan2 diareal pasir SPT sekat air jebol/rusak, jembatan miring tergerus aliran air, jangan disalahkan derasnya aliran arus air tetapi bisa dipastikan ada yg salah dengan pembuatan bangunan tersebut, segera cari tahu dan perbaiki agar tidak terulang kedepannya lagi.

Visit Pak COO ke Reg Kotawaringin Kebun SLNE, 16 Nopember 2020.
Visit Pak COO ke Reg Kotawaringin Kebun SLNE, 16 Nopember 2020.

Demikian terima kasih.

Reg. Kotawaringin
Mill: TRYM
Tanggal: 16 Nop 2020
Berikut beberapa arahan COO dalam kunjungannya ke TRYM sore ini:
1). COO dan Rombongan visit menyempatkan melihat dr dekat proses pembangunan pabrik TRYM mulai dari st. loading rump – St. Sterilizer – St. Proses dan Kolam Limbah.
2). Perlu penambahan 1 unit kolam lagi u meningkatkan daya tampung air guna daya dukung olah pabrik SD. 5 bulan. Mengingat kolam yang sudah dibangun saat ini diprediksi hanya mampu SD. 3 bulan.
3). Bangunan kolam limbah yg sudah dibuat kaki lima perlu dilebarkan lagi ukuran kaki limanya 2,5 – 3 m u operasional alat berat ketika cuci kolam nantinya.
4). Sedangkan bangunan kolam limbah yg belum dibuat kaki limanya supaya dibuat kaki lima.

Visit Pak COO di Region Kotawaringin, 16 Nopember 2020
Visit Pak COO di Region Kotawaringin, 16 Nopember 2020

Demikian terima kasih.

Reg Pundu Area 3A & 3B. Berikut beberapa point terkait kunjungan Bp COO di Regional Pundu, bersama PC Kalteng RH Pundu All AC Reg Pundu :
Operasional :
1. Operasional agar segera menyelesaikan program blok standart.
2. Memanfaatkan dron untuk melakukan potret secara periodik areal improvement/bermasalah untuk mengetahui kondisi fisik agronomy nya membaik atau tidak.
3. Situasi cuaca saat ini manfaatkan/kelola chemist sebaik mungkin karena hanya chemist satu-satu nya cara percepatan perbaikan areal.
4. Dibuat pengelompokan atau agregat yield khusus blok/ areal improvement sehingga tau permasalahan tiap-tiap blok serta yield terkawal lebih presisi.
5. Asst & manager harus tau dan selalu bidik sumber-sumber produksi area yang banyak buah untuk dimaksimalkan evakuasinya
6. Pengelolaan water management bukan hanya mengelola drainase akan tetapi juga mengelola irigasi dengan pembuatan sometri nya supaya air tidak menyebar saat kondisi blok kelebihan air.
7. Peta SPA agar dilengkapi jenis tanah dan alur aliran sungai sebagai bahan analisa kondisi lapangan serta manager & AC harus punya map series.
8. Awal tahun 2021, untuk pemupukan diutamakan pada blok-blok yang jumlah jjg nya paling banyak sehingga BJR bisa naik.
9. Kepada manager : karyawan semprot harus disimulasi, dilatih dan tes satu per satu gulma-gulma yang harus di semprot serta di evaluasi hasilnya per TK semprot supaya tujuan dari semprot lebih sesuai sasaran.
10. Asst divisi harus mempunyai peta konsensus untuk perkaya informasi kondisi blok supaya permasalahan bisa dianalisa dan ditangani
11. Melihat kondisi saat ini perlu Moratorium pruning di stop, karena perilaku pemanen yang cenderung over pruning. Tindak dan jalankan konsisten denda over pruning.
12. Kejahatan seorang planter adalah *potong buah mentah* (karena harus menunggu 3 tahun untuk menghasilkan buah dengan potensi minyak maksimal) dan *pokok Over Pruning* (terbukti menurunkan produksi).

Kunjungan Bp COO di Regional Pundu, bersama PC Kalteng RH Pundu All AC Reg Pundu
Kunjungan Bp COO di Regional Pundu, bersama PC Kalteng RH Pundu All AC Reg Pundu

Dept QA :
1. Team QA harus masif ikut mengkampanye kan over pruning, dengan cara memeriksa kondisi lapangan hingga mengtres administrasi dan bukti denda nya.
Demikian, terimakasih

Reg Pundu Area 4A & 4B. Berikut beberapa point terkait kunjungan Bp COO di Regional Pundu, hari ke 2 bersama PC Kalteng RH Pundu All AC Reg Pundu :
Operasional :
1. Penyusunan pelepah zig-zag front staking adalah pekerjaan paling murah dan mudah dalam pembuatan ground manajement
2. Dalam pengawalan panen, supervisi harus melakukan pengawalan selalu di areal -areal yang sulit supaya pekerjaannya menjadi standart meskipun dalam kondisi sulit
3. Asst dan manager harus punya buku program kerja yang dibuat dalam bentuk buku lengkap *Daftar isi semua program kerja kebun, kalender kerja (jadwal program kerja), peta realisasi kondisi dan penyusunan asumsi (keb TK dan out put)*
4. Cara kerja team BGS pada areal establish harus lebih presisi yaitu semprot selektif dengan sistem *buru* hanya fokus pada kentosan dan gawangan. TK semprot dilengkapi dengan bahan yang sesuai gulma sasaran sehingga sekali jalan beberapa pekerjaan dan gulma diselesaikan.
5. Karyawan semprot harus disimulasi, dilatih dan tes satu per satu gulma-gulma yang harus di semprot dan cara semprot nya serta di evaluasi hasilnya per TK semprot supaya tujuan dari semprot lebih sesuai sasaran
6. Simulasi dan edukasi kepada All AC terkait rencana panen dengan sistem C1R2 yang saat ini berjalan di Estate SDME dan akan di lakukan di kebun yang lainya.
7. Evaluasi untuk kematian kentosan hasil semprotan. Banyak kentosan yang tidak mati setelah di semprot sehingga perlu evaluasi :
– pembuatan program kerja dan peta legenda buru kentosan
– semprot kentosan cara kerjanya tidak sama dengan semprot gulma piringan pasar pikul reguler
– khusus untuk semprot kentosan ditambahkan Agristik

Kunjungan Bp COO di Regional Pundu, hari ke 2 bersama PC Kalteng RH Pundu All AC Reg Pundu
Kunjungan Bp COO di Regional Pundu, hari ke 2 bersama PC Kalteng RH Pundu All AC Reg Pundu

Ikuti Saya

Langganan postingan terbaru, GRATIS !

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hosting Unlimited Indonesia
shares