Bpk AC 1 (Bpk Budi Siregar) Memberikan Arahan

Semangat Mengejar Produksi Tahun 2020 dari Manajemen

[12/12 14:33] Pak M. Zazali HOK Kalteng: Dear all RH/AC.

Berkaitan dengan instruksi untuk melakukan panen “full power” pada hari Minggu (tgl 13, 20 dan 27 Desember 2020) guna mengupayakan capaian produksi tahun ini bisa growth positif 2% dibandingkan tahun lalu, kami perlu mengingatkan kembali perihal panen pada hari libur/minggu tersebut :

1. Penghitungan pendapatan pemanen pada hari libur/Minggu tersebut adalah perolehan janjang (tonase) hasil panen langsung diperhitungkan sebagai premi lebih borong, dengan pengali 1,5 kali dari premi hari kerja biasa.
2. Pemanen yang perolehan janjang (tonase) mencapai/melebihi basis borong, akan diberikan tambahan premi basis borong.
3. Pendapatan premi panen selama hari libur pilkada (tgl 9) dan tiga hari Minggu (tgl 13, 29, 27) akan dimasukkan ke dalam sistem payroll yang akan dibayarkan preminya bersamaan dengan pembayaran upah bulan Desember 2020 (direalisasikan pembayarannya pada Minggu pertama bulan Januari 2021).
4. Tidak ada pembayaran dalam bentuk tunai (kontanan) kepada pemanen pada hari libur pilkada maupun 3 hari Minggu tersebut. Penggunaan istilah “kontanan” untuk panen pada hari libur/Minggu tersebut lebih dimaksudkan bahwa pendapatan pemanen langsung dihitung sebagai premi lebih borong.
5. Pengali 1,5 kali dari premi lebih borong pada hari kerja biasa ini hanya khusus berlaku pada bulan Desember ini dan tidak berlaku pada bulan-2 lain.

Harap All RH/AC dapat menyampaikan hal ini kepada semua estate manager/asisten divisi agar didapatkan pemahaman yang sama, dan pemanen antusias panen pada hari libur dimaksud.

Kemampuan bapak-2 RH/AC memberikan pemahaman kepada jajaran dibawahnya akan tercermin dari tingkat kehadiran pemanen bekerja pada hari libur/minggu dan capaian produksi aktual pada hari libur/minggu tersebut. Terima kasih.
[12/12 14:33] Pak M. Zazali HOK Kalteng: Berikut ini sisa target produksi harian per region/area/estate per tgl 12 Desember 2020 untuk menjadi perhatian dan action di lapangan.

Agar capaian produksi tahun ini flat sama dgn tahun lalu maka produksi harian dalam sisa hari kerja sampai akhir tahun minimal 11.795 ton, dan untuk growth plus 2% maka produksi harian minimal 15.957 ton. Terima kasih.

Target Produksi 3.33 Juta Ton per Desember Vs 2019.pdf

From Bapak PQIC (Bapak M. Zazali), 21 Desember 2020

Dear all RH/AC.

Pencapaian produksi harian dalam 2 hari ini kurang dari 15 ribu ton, bahkan produksi kemarin hanya 12 ribu ton. *Kita masih belum aman* untuk kejar target produksi sampai akhir tahun growth plus 2% dari tahun lalu (3,33 juta ton). Perlu disampaikan bahwa jika target 3,33 juta ton tercapai (growth +2%), *yield tahun ini masih lebih rendah dibandingkan tahun lalu*.

Oleh karena itu, strategi memendekkan umur pusingan panen dan penurunan MRS harus dilaksanakan di semua unit estate. Pada Minggu terakhir bulan ini (periode tgl 27 – 31 Desember), *panen rotasi terakhir semua seksi panen pada posisi umur pusingan panen paling lama 5 hari*.

Dari spot cek sewaktu kunjungan lapangan, masih banyak estate manager dan asisten yang salah menerapkan pembuatan patron pusingan panen, dimana yang diatur paling lama *umur pusingan panen 5 hari hanya seksi panen yang dipanen pada tgl 31 Desember*, sedangkan seksi panen yg lain posisi rotasi panen terakhir bulan ini masih ada yg umurnya 6 – 7 hari, bahkan ada yg lebih lama lagi.

Atas temuan ini, diminta agar bapak-2 RH dan AC mengawal dan memastikan patron rencana panen sampai akhir tahun benar adanya sesuai arahan. Patron yang dijadikan pedoman eksekusi panen sampai akhir tahun oleh asisten/manager harus sdh direview oleh RH/AC.

Mempertimbangkan cuaca belakangan ini yg cenderung turun hujan sejak pagi hari sehingga jam kerja efektif pemanen tidak maksimal yg berpotensi strategi rekayasa perpendek umur pusingan panen dan penurunan MRS tidak bisa dieksekusi sesuai rencana, maka selagi cuaca mendukung panen harus bisa dimaksimalkan, termasuk tetap panen pada hari libur/Minggu, dan atau memastikan blok-blok dengan potensi produksi tinggi dapat dieksploitasi secara maksimal lebih awal. Terima kasih.

Kelanjutan artikel ini hanya bisa dibaca oleh Member, silahkan login disini dulu atau Registrasi di sini


Target Produksi 3.33 Juta Ton per Desember Vs 2019

Langganan postingan terbaru, GRATIS !

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ambil Keputusan Sekarang untuk Perubahan Hidup Anda - Take Action Sekarang dengan Komunitas Dash2 untuk Meraih Income Eksponensial di Bisnis eCommerce
Hosting Unlimited Indonesia
shares