Apel Pagi Admin Kantor Estate BAGE

The Adventure Team (The A Team) Episode Ke-2

The A Team Area 1 Region Mentaya Episode ke-2 kali ini berkeliling seputaran Area 1 untuk lintas Koordinasi serta memastikan kelancaran operasional tiap-tiap unit, dimana yang bermula perjalanan dari Estate BAGE, Mill GMKM serta Unit CMNT. Dimana proses awal adalah Apel Pagi di Estate BAGE sehabis itu langsung ke Mill GMKM dengan sebelumnya memasuki Areal Komposting setelahnya koordinasi di kantor Mill GMKM setelahnya Koordinasi kerja dengan unit CMNT bersama Manager serta Asisten Traksi dan berujung pada akhirnya Apel Sore di Estate BAGE. Fungsi dari ini semua merupakan untuk memastikan kelancaran operasional masing-masing Unit dengan mencari kendala-kendala setiap unitnya untuk meluruskan dan membantu kelancaran setiap operasional Unit.

Apel Pagi Admin Kantor Estate BAGE

Apel Pagi Admin Kantor Estate BAGE

Berangkat dari Apel Pagi Estate BAGE bersama beberapa krani Estate beserta Kasie Estate dimana Apel dilaksanakan pada pukul 07:00 Wib. Apel Pagi langsung dipimpin oleh Kasie Estate BAGE dan dikunjungin dari Area Controller 1 Region Mentaya (Bpk. Budi Siregar) dengan Admin RSPO Area 1 Region Mentaya (Bpk. Rapeja Agustinus). Apel pagi di Estate BAGE membahas mengenai Rencana Kerja Harian (RKH) per Krani Kantor dengan kendala-kendala yang ada, dengan demikian akan melancarkan kinerja harian bila sudah mengetahui kendala yang ada setelah dan sebelum dilakukan pengerjaan. Tambahan dari Area Controller 1 Region Mentaya agar tetap semangat dan fokus dalam bekerja sehingga Rencana Kerja Harian yang sudah dibuatkan dapat terealisasi dengan baik dan benar. Pada intinya kita sudah mengerti dan paham atas tanggung jawab dari masing-masing job desc kita masing-masing, sehingga membuat proses pekerjaan kita lebih terarah tentunya. Coba bila kita berfikir lebih dalam bila kita tidak memiliki Rencana Kerja Harian, maka pekerjaan kita tidak ada bisa terarah apalagi terealisasi dengan baik. Tidak lupa juga untuk selalu melakukan koordinasi kerja kepada Atasan kita langsung, bila kerani-kerani estate maka langsung koordinasikan kepada Kasie Estate agar dapat disaat proses pengerjaan kita sehari-harinya bisa termonitor secara konsisten.

Pemantauan Areal Limbah dan Komposting
Pemantauan Areal Limbah dan Komposting
Pemantauan terhadap Areal Komposting
Pemantauan terhadap Areal Komposting

 

 

 

 

 

 

Selesainya dari Apel Pagi Estate BAGE serta berkoordinasi dengan Asisten Divisi 1 BAGE dan Kasie Estate BAGE dilanjutkan perjalanan ke Areal Komposting Mill GMKM guna untuk memonitoring alokasi Areal tersebut serta memastikan tingkat kematengan Jangkos yang sudah masuk ke Areal Komposting tersebut, agar dapat diaplikasikan kesetiap blok-blok divisi sebagai pupuk Organik pokok kelapa sawit. Setelah kurang lebih sejam (1 jam) berada di Areal Komposting dilanjutkan koordinasi dengan Manager Mill GMKM serta Kasie Mill dikantor Mill langsung. Beberapa point-point yang dapat disimpulkan pada koordinasi oleh Areal Controller 1 dengan Manager Mill beserta Kasie Mill :
1. Perbaikan tiang-tiang instalasi pada Areal Komposting (dekat gazebo)
2. Pembuatan tempat sampah pada Areal Gazebo
3. Pembersihan rumput semak sekitaran jalan masuk ke Emplasement Mill GMKM
4. Progress pembersihan lapangan bola disebelah kantor security Mill GMKM
5. Mengingatkan agar dimasukkan budget 2021 pembenahan Emplasement Mill GMKM
6. Kasie Mill GMKM agar dapat lebih proaktif kepada seluruh kerani serta memberikan edukasi tuugas dan tanggunjawab sesuai deng Job Desc masing-masingg kerani
7. Segera lakukan pembersihan areal operasional kedalam pabrik GMK
8. Penargetan buah agar dapat lebih ditingkatkan kulaitas serta kuantitasnya supaya mencapai OER 22.60
9. Dapat lebih meningkatkan koordinasi lagi setiap kendala-kendala apa yang dialami team Mill GMKM
Kurang lebih beberapa point-point diatas disampaikan langsung oleh Area Controller 1 Region Mentaya (Bpk Budi Siregar) dengan Manager Mill serta Kasie Mill GMKM, dengan harapan besar dapat direalisasikan sesegera mungkin dan menjalankan Amanah sesuai dengan jabatan yang diemban.

Koordinasi kerja di unit CMNT
Koordinasi kerja di unit CMNT

Setelah selesainya dari koordinasi team Mill GMKM, lalu dilanjutkan perjalanan ke unit CMNT (Central Mentaya Traksi), tujuan koordinasi visit ke unit CMNT adalah memastikan operasional berjalan dengan baik, pemenuhan unit-unit disetiap Estate Area 1 agar dapat di support supaya proses panen hingga sampai ke PKS tercapai tepat waktu sesuai kanban yang sudah ditentukan.
Ada beberapa masukan yang disampaikan oleh Aea Controller 1 kepada Manager CMNT sebagai berikut :
1. Follow Up hasil temuan dari kunjungan bapak Azam
2. Kedepannya agar dapat Manager CMNT serta Asisten Traksi (Transport) bisa men-Support progress Bibitan di BDME 3 dan 4 Mangkup
3. Untuk Fokus perbaikan jalan kedepannya agar diperbantukan oleh Asisten Traksi (Transport) dahulu dan koordinasi dengan Area Controller 1 Region Mentaya
4. Pembuatan saringan (ayakan tanah) untuk bantu Support di Bibitan agar segera dkejarkan pembuatannya
Beberapa point diatas disampaikan oleh Area Controller 1 Region Mentaya (Bpk Budi Siregar) kepada team CMNT (Central Mentaya Traksi) supaya bisa membagi pekerjaan tersebut agar tidak terpecah konsentrasi dan bisa mencapai Goals yang dari awal sudah direncanakan. Apapun kendala dan masalah kedepannya disaat proses menjalankan tugas atau amanah yang sudah diberikan pimpinan kepada kita harus dikomunikasikan dan dikoordinasikan kepada pimpinan unit dahulu setelah itu ke pimpinan Area.

Pengecekan kelayakan unit DT Komposting
Pengecekan kelayakan unit DT Komposting

Dan dokumentasi diatas merupakan salah satu Suprice Check yang dilakukan oleh Area Controller 1 (Bpk Budi Siregar) dalam melihat kondisi kelayakan DT Kompostiing GMKM. Temuan yang didapatkan oleh Area Controller 1 adalah dimana pintu driver sudah tidak layak untuk difungsikan dan seharusnya dapat dilakukan fabrikasi atau pembenahan dahulu untuk mengurangi Nearmis (Bahaya)  terhadap diri driver disaat mengoperasikan unit tersebut.

Apel Sore Estate BAGE
Apel Sore Estate BAGE

Dan yang terakhir pada hari ini dari perjalanan The A Team Episode ke-2 adalah Apel Sore di Estate BAGE, dimana posisi Manager Estate BAGE masih dalam kondisi Cuti dikarenakan baru balik habis mengantar anak yang sedang sakit maka lebih visit intens ke Estate BAGE agar operasional di Estate tersebut dapat berjalan dengan seperti biasanya dan baik akhirnya. Apel Sore di Estate BAGE kali ini diikuti oleh :
1. Area Controller 1 Region Mentaya (Bpk Budi Siregar)
2. CE Region Mentaya (Bpk Imron)
3. Asisten CE Area 1 Region Mentaya (Bpk Rian)
4. Admin RSPO Area 1 Region Mentaya (Bpk Rapeja A)
5. Asisten Divisi 1 BAGE (Bpk Satria)
6. Asisten Divisi 2 BAGE (Pjs Manager) Bpk Sugiharto
7. Asisten Divisi 3 BAGE (Bpk. Ijul)
8. Asisten Divisi 4 BAGE (Bpk Anggi), dan
9. Seluruh Kerani Estate BAGE
Pokok pembahasan utama yakni kesesuaian Rencana Kerja Harian dengan hasil kerja pada hari ini tidak lupa juga evaluasi serta menanyakan kendala selama proses kerja seharian tadi. Setelah dilakukan evaluasi tersebut dan menanyakan apa kendalanya maka proses selanjutnya Pjs. Manager (Asisten Divisi 1 BAGE) memberikan masukan dan evaluasi disaat proses kinerja seharian tadi. Selanjutnya setelah seluruh kerani menyampaikan kendala dan masalah, lalu  laporan hasil kinerja setiap masing-masing Asisten Divisi BAGE menyampaikan progress kinerja serta capaian produksi yang tercapai pada hari ini. Dengan demikian setelah seluruh team Estate BAGE menyampaikan hasil kinerja seharian tadi, masuk pada pokok evaluasi keseluruhan dari Area Controller 1 Region Mentaya (Bpk Budi Siregar) dengan memberikan motivasi serta arahan kepada team utamanya supaya bisa meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Kerja. Presure kepada team Supervisi tiap-tiap divisi lebih ditingkatkan demi mmencapai kualitas buah yang baik. Dan komitmen dalam melakukan perubahan yang lebih baik untuk team (seperti Apel Sore tepat terakhir pukul 16:00 dan seluruh Staff dan Kerani Estate BAGE mengikuti kegiatan Apel Sore tersebut). Dengan demikian berakhir juga perjalanan The A Team (The Adventure Team) Area 1 Region Mentaya pada Rabu, 14 Oktober 2020. Masukan dan komentar dalam penyempurnaan kosakata maupun pelengkapan dari narasi ya saya tuliskan sangat saya nantikan. Sekian dan Terimakasih

 

Rapeja Agustinus
Admin RSPO Area 1

 

 

Langganan postingan terbaru, GRATIS !

You May Also Like

1 Comment

  1. Hosting Unlimited Indonesia
  2. Makasih Mbro… Episode ke-2 fokus memanfaatkan pupuk organik kompos agar bisa terdistribusi ke lapangan blok by blok dan teraplikasi dengan baik, kebersihan/kerapian PKS GMKM dan pentingnya evaluasi dan pertanggungjawaban kerja serta membuat Rencana Kerja esok harinya (substansi Apel Sore).

  3. The Most Popular Traffic Exchange

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hosting Unlimited Indonesia
shares