Pilot The Adventure Team memastikan pemasangan gorong-gorong sudah terpasang

The Adventure Team (The A Team) Episode ke-4, Konkrit Impelementasi

The Adventure Team (The A Team) Area 1 Region Mentaya masih tetap menyala gaes dan masih hadir ditengah tengah team Area 1 Region Mentaya dalam menuntaskan masalah-masalah yang ada di team Area 1 Region Mentaya. Bentukan The Adventure Team (The A Team) adalah salah satu cara berbeda dalam mengatasi masalah, gunanya apa?? agar seluruh masing-masing unit maupun estate dapat memberanikan diri untuk lebih terbuka serta sharing dalam permasalahan apapun yang dialami oleh unit maupun estate yang ada di Area 1 Region Mentaya. Dengan demikian kita dapat memecahkan permasalahan yang ada secara bersamaan, dan bukan ada untuk menjatuhkan ataupun membuat malu sebuah team di unit ataupun di estate.

Seperti salah satu estate di Area 1 Region Mentaya The Adventure Team (The A Team) menjalin komunikasi yang baik dengan Kontraktor Eksternal Angkutan TBS BHJE, gunanya tidak lain dan tidak buukan adalah sebagai berikut :
– Sosialisasi peraturan yang baru untuk muatan tidak boleh lebih kapasitasnya dari 8 ton, jadi kedepannya hanya akan dibayarkan 7,5 ton.
– Serta penertiban untuk lebih displin lagi dalam mengikuti peraturan perusahaan yang ada (misalkan untuk mengangkut buah agar bisa sampai selesai pengangkutannya).
– Tertib dalam memakai segel, jaring serta tali jaring
– Setiap ada permasalahan agar dapat dikomunikasikan dengan pimpinan Estate.
Kurang lebih point-point diatas kita komunikasikan dengan pihak kontraktor angkuttan TBS Estate BHJE. Harapan kedepannya agar dapat team Kontraktor dengan pihak Kebun BHJE bisa lebih sinergi dalam bekerja, komunikasi lebih intens lagi.

Meeting dengan Kontraktor angkutan TBS BHJE
Meeting dengan Kontraktor angkutan TBS BHJE

Selesainya meeting dengan Kontraktor angutan TBS BHJE, The Adventure Team (The A Team) mealangkahkan kaki selanjutnya ke Team Semprot yang pada saat itu sedang lakukan Semprot dilahan Blok C22 Divisi 3 BHJE, adapun kegiatan The Adventure Team (The A Team) pada saat dilapangan semprot adalah :
– Pengecekan papan monitoring prestasi kerja harian team Semprot BHJE
– Pengecekan Buku Catatan Mandor Semprot BHJE
– Kalibrasi pengisian racun dari tus ke Kep dengan TK 23 dan hasilnya 7 menit dan keran pada tus 7 pcs
– Evaluasi kerja  team semprot kepada EM BHJE dan Mandor Semprot
– Pemberian arahan kepada team semprot dan mandor dalam tata cara menyemprot yang baik dan efektif.
Dan ada beberapa bahasan lain disampaikan kepada team semprot BHJE pada saat itu juga, agar dengan begitu bisa menjadi perhatian bersama dan menjadi perbaikan kedepannya untuk tercapainya hasil yang baik pastinya team Semprot BHJE.

Pengecekan Monitoring Prestasi Kerja Harian team Semprot BHJE
Pengecekan Monitoring Prestasi Kerja Harian team Semprot BHJE
Pengecekan buku catatan harian mandor semprot BHJE
Pengecekan buku catatan harian mandor semprot BHJE

 

 

 

 

 

 

 

Adapun beberapa dokumentasi pilot The Adventure Team (The A Team) Area 1 Region Mentaya seperti gambar dibawah adalah sosialisasi dan membantu mengangkut kep semprot kepada karyawan semprot BHJE. Pilot The Adventure Team (The A Team) Area 1 Region Mentaya membangun hubungan emosional dan memberikan edukasi positif terhadap team semprot BHJE agar dapat memperbaiki kualitas semprot BHJE kedepannya serta team semprot bisa lebih meningkatkan sinergi team semprot BHJE. Tidak lupa juga dari segi K3 diingatkan tetap berhati-hati disaat menyemprot didalam blok serta selalu beriringan agar bisa mengetahui satu dengan yang lain dan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) yang ada dan sesuai dengan pekerjaan semprot seperti Helm Face, Masker, Sarung Tangan Karet, Sepatu Safety serta Appron baju semprot.

Pilot The A Team membantu angkat kep kepada karyawan semprot
Pilot The A Team membantu angkat kep kepada karyawan semprot
Sosialisasi Pilot The A Team Area 1 kepada tea Semprot BHJE
Sosialisasi Pilot The A Team Area 1 kepada tea Semprot BHJE

 

 

 

 

 

 

 

Pemberian pancang di Areal pada saat dilakukan penyemprotan dihari itu dan menunggu 4 atau 5 hari kedepan melihat hasilnya setelah dilakukan penyemprotan agar bisa dilakukan evaluasi bila hasilnya kurang baik. Untuk membuat suatu pembeda, kita juga harus melakukan hal-hal yang berbeda agar mendapatkan hasil ang memuaskan tentunya. Selesainya pemancangan Areal tersebut sebagai penanda dan memberikan masukkan kepada mandor Semprot BHJE agar dikawal secara benar dan baik seluruh team semprot BHJE aga tercapai hasil yang baik nantinya. Pilot The Adventure Team dan EM BHJE pun meninggalkan blok semprot pada saat itu dan melanjutkan perjalan selanjutnya dan memastikan kelancaran operasional Estate BHJE pada saat itu berjalan dengan baik.

Pemberian pancang dahan d areal semprot dihari itu
Pemberian pancang dahan d areal semprot dihari itu
Pilot The A Team dengan EM BHJE jalan keluar beriringan
Pilot The A Team dengan EM BHJE jalan keluar beriringan

 

 

 

 

 

 

Selanjutnya The Adventure Team (The A Team) melanjutkan perjalanan sehabis meninggalkan Blok Semprot sebelumnya dan menuju ke tujuan selanjutnya yakni Pos BM Divisi 2 BHJE guna memastikan team BM divisi 2 BHJE tersedia dan unit ready pada saat itu. Bila team BM tidak tersedia mencukupi maka dengan begitu proses panen juga akan menjadi terhambat dalam prosesi pengangkuttannya. Dengan begitu dapatt dipastikan untuk proses pengangkutan buah pada saat itu dapat berjalan dengan baik dan lancar tentunya. Begitu juga kita memastikan ketersediaan unit angkutan TBS di Divisi 2 BHJE tersedia mencukupi agar tidak ada lagi kata-kata “Unit Kurang” dan yang terjadi pada akhirnya adalah muat buah pada malam hari. The Adventure Team (The A Team) Area 1 Region Mentaya hadir dan menciptakan suasana baru untuk memecahkan masalah serta kendala team Operasional agar dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana sebelumnya.

Pilot The Adventure Team Bersosial dengan team BM Divisi 2 BHJE
Pilot The Adventure Team Bersosial dengan team BM Divisi 2 BHJE

Setelah The Adventure Team (The A Team) Area 1 Region Mentaya selesai memastikan jalan operasional lancar dan kebutuhan TK BM dan Unit Angkutan TBS team sudah terpenuhi selanjutnya The A Team melanjutkan perjalanan ke Mitigasi Jalan poros utama (Poros Negara) dimana menjadi lalulintas unit angkutan TBS BHJE sehari-harinya, bila kita lihat seperti gambar dibawah betapa sangat tidak layaknya jalan tersebut untuk dilalui dengan genangan air sehingga menimbulkan lumpur dan menjadikan patakan pada akhirnya jalan tersebut. Dengan begitu kiat membuatkan gorong-gorong untuk melancarkan air agar tidak menjadi genangan lagi kedepannya serta dibuatkan rorak air pada ujungnya. Kedepannya juga akan dibuatkan paritan sebelah kiri dan sebelah kanan jalan utama supaya ketika hujan turun aliran air bisa berjalan dengan lancar dan tidak menjadi genangan lagi nantinya.

Pengecekan jalan poros utama dengan Pilot The Adventure Team bersama EM BHJE
Pengecekan jalan poros utama dengan Pilot The Adventure Team bersama EM BHJE
Pilot The Adventure Team memastikan pemasangan gorong-gorong sudah terpasang
Pilot The Adventure Team memastikan pemasangan gorong-gorong sudah terpasang

 

 

 

 

 

 

 

Dan setelah The Adventure Team (The A Team) Area 1 visit ke beberapa Divisi Estate BHJE, team melanjutkan untuk melakukan kegiatan Apel Sore Estate BHJE bersama :
Seluruuh Admin Kantor
Asisten Divisi 1
Asisten Divisi 2
Asisten Divisi 3
EM BHJE
Admin RSPO Area 1
Area Controller 1
Apel Sore dilaksanakan 15:15 WIB dan target selesai apel sore adalah 16:00 WIB guna membahas progres kerja harian beserta dengan kendala apa yang dialami selama proses kerja seharian tadi sebelumnya. Dan tak lupa juga tetap Pilot The Adventure Team Area 1 memberikan motivasi serta mengedukasi seluruh Admin kantor beserta Staff BHJE untuk lebih meningkatkan kualitas kerja, menjaga semangat kerja dan tak lupa juga kesehatan diri agar tetap bisa diimbangin dengan pekerjaan sehari-harinya. Harapan Pilot The A Team agar Estate BHJE bisa lebih sinergi dan ketika menemukan masalah ata kendalan agar segera sharinng ataupun dikomunikasikan supaya bisa memecahkan masalah maupun kendala tersebut.

Kegiatan Apel Sore Estate BHJE
Kegiatan Apel Sore Estate BHJE

 

Selesainya visit di kebun BHJE serta penutupan Apel Sore di Esate BHJE, perjalanan dilanjutkan ke arah Pos Elang Simpang Tiga menuju jalan pulang ke Metro Mentaya (MMNR), perhentian akhir di Pos Elang tersebut membahas mengenai pembuatan pondok (tempat duduk) agar bisa memonitor Unit antar TBS dan memastikan jam pengantaran Unit TBS hingga balik ke Divisi. Dengan begitu kedepannya akan memudahkan team BHJE dalam memonitor setiap unit Angkut TBS BHJE dan menjalan kanban yang ada sehingga pada akhirnya buah akan habis sebelum matahari terbenam (Malam Hari Coy) he he he. Harapan kedepannya bila sudah dibuatkan tempat dudukan di Pos Simpang Elang tersebut akan mempercepat prosesi habisnya buah yang ada dilahan dan tidak akan muat buah dan mengantar buah pada malam hari lagi sehingga cenderun akan menjadi restan nantinya.

Pilot The Adventure Team bersama EM BHJE di Pos Simpang Elang
Pilot The Adventure Team bersama EM BHJE di Pos Simpang Elang

Jadi, kesimpulan yang dapat disampaikan penulis (John Chena) Area 1 Regioon Mentaya adalah sebagai berikut :

  • Tingkatkkan komunikasi antar team agar dapat lebih sinergi dan menonjolkan kerja sama team BHJE khususnya
  • Dapat membuat suatu perbedaan hal yang positif dari hari ke hari agar bisa menghidupkan suasana yang tegang menjadi cair
  • Evaluasi kerja team semprot kedepannya agar dapat ditingkatkan kualitas kerjanya serta utamakan kentosan di samping jalan setiap bloknya dapat dituntaskan juga
  • Komitmen dan Konsistensi dalam melakukan perubahan dimulai dai hal-hal kecil tentunya (Ex: Apel Sore akhir pukul 16:00 WIB dan perlunya suatu tindakan keras yang tidak bisa mengikuti aturan perusahaan)
  • Team BHJE harus bisa meningkatkan hubungan Emosional dengan karyawan sendiri dengan melakukan pendekatan diri dan mencari tau permasalahan yang ada pada karyawannya
  • Penuntasan masalah-masalah yang ada di BHJE (seperti : kontraktor angkutan TBS harus bisa mengikuti peraturan perusahaan, Areal-areal yang semak dan banyak kentosan agar segera dituntasin dan memperbaiki sistematis semprot agar lebh efektif agi kinerjanya)
  • Jangan lagi menutupi kesalahan dan menjadikan kebohongan pada akhirnya yang terjadi di Areal kebun BHJE, segera lakukan komukasi untuk penuntasakan permasalahan yang ada
  • Ketegasan dalam memimpin lebih ditingkatkan lagi dan bila memang perlu melakukan tindakan, lakukan asakan masih sesuai dengan prosedur yang ada
  • Perbaikkan performance Estate BHJE agar segera dilakukan dan diimplementasikan untuk mengembalikan BHJE lebih membaik
  • Team rawat jalan agar dapat disiapkan dan dilakukan perawatan jalan yang terkhususnya sangat parah dan patakan sangat dalam agar oeprasional panen berjalan dengan lancar

The Adventure Team (The A Team) Area 1 melakukan semua hal ini untuk BHJE lebih baik lagi, lebih sinergi lagi serta mengembalikan tahta BHJE sesungguhnya untuk menjadi Estate terbaik. Caranya ?? Lakukan perubahan, dimulai dari sekarang, perbaikan…perbaikan…perbaikan,,,, beruba…berubah…berubah serta tetap komitmen dan konsisten dalam menjalankannya, agar bisa lebih membaik kembali. Kurang lebih kesimpulan yang dapat bisa disampaikan penulis, kiranya masukkan dan komentar dari rekan-rekan sekalian sangat dinantikan dengan memberikan masukkan didalam kolom komentar agar dapat menyempurnakan tulisan ini.

John Chena Area 1
Rapeja Agustinus

 

 

 

 

 

 

 

Langganan postingan terbaru, GRATIS !

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hosting Unlimited Indonesia
shares